Video Teror di Christchurch Menyebar, Sejumlah Platform Bersih-bersih

Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru
Sumber :
  • Instagram/@habib_nz

VIVA – Setelah kasus pembantaian di dua masjid Christchurch, Selandia Baru yang merenggut 49 korban jiwa, sejumlah perusahaan teknologi melakukan bersih-bersih platform dari jejak yang ditinggalkan pelaku. Salah satunya Twitter yang penggunanya saling mengingatkan untuk tidak membagikan video terkait kejadian itu.

Viral Isu Poligami, Berikut 5 Fakta Menarik Ustaz Hanan Attaki, Nomor 5 Bikin Terkejut

Reddit juga melakukan hal yang sama, dilansir laman Tech Crunch, Sabtu, 16 Maret 2019. Platform itu menghapus sejumlah komunitas yang membagikan video kejadian tersebut.

Subreddit r/watchpeopledie yang kerap membagikan video tragis menjadi sangat aktif untuk video penembakan pada Jumat, 15 Maret 2019 lalu. Banyak anggota Subreddit yang akhirnya membagikan link video Christchurch, namun dilakukan lewat direct messaging.

Heboh Isu Ustaz Hanan Attaki Poligami, Netizen Ngaku Shock

Pada akhirnya, Reddit melarang keberadaan r/watchpeopledie. Namun pihak platform enggan memberikan detail mengenai keputusan tersebut.

"Kami sangat jelas dalam persyaratan layanan situs kami bahwa mengunggah konten yang menghasut kekerasaan akan membuat pengguna dan komunitas dilarang dari Reddit. Subreddit gagal mematuhi aturan akan dilarang," kata juru bicara Reddit.  

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Selain r/watchpeopledies, Reddit juga menghapus subreddit r/gore dan r/wpdtalk atau watch people die talk di waktu bersamaan. Sejumlah netizen mengatakan tindakan membagikan video penembakan itu sangat mengganggu serta tidak menghormati korban dan keluarganya.

Subreddit r/watchpeopledie dalam karantina atau dibuat tidak dapat dicari pada September 2018. Namun hingga saat ini masih aktif untuk pengguna yang mengunjunginya secara langsung. Mereka membagikan video kekerasan termasuk pembunuhan dua wisatawan wanita di Maroko pada 2018 lalu.

Aplikasi game online lokal

Bangga Karya Anak Bangsa, Platform Game Lokal Kian Berjaya

Karya anak bangsa ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi penggemar game online, dengan menjadi sebuah platform top up game andal, aman dan terjangkau

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024