Targetkan 20 Ribu SDM Digital, Kominfo Tiru Kurikulum dari Prancis

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menargetkan pada akhir tahun 2019 mendatang akan ada sekolah yang membantu pemerintah untuk mengejar target penyediaan sumber daya manusia (SDM), khususnya yang ahli dalam bilang ekonomi digital.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

"Nantinya ada sekolah yang dihadirkan untuk pelatihan sumber daya manusia menjadi digital talent. Silabusnya ini kita bawa atau tiru dari Prancis. Ya, diadopsilah pokoknya, jangan studi banding lagi, tapi studi tiru. Lama kalau studi banding," kata Rudiantara saat menghadiri Diskusi Startup dan Pemerintah di ICE BSD, Tangerang, Minggu, 17 Maret 2019.

Menurutnya, melalui upaya tersebut, pemerintah dapat segera memenuhi target 20 ribu digital talent yang ahli dalam bidang teknisi.

Kominfo Ancam Blokir 6 Platform Online Travel Agent yang Belum Daftar Sebagai PSE

"Sekarang baru ada 600 orang. Dan kalau makin banyak tempat pelatihan, tentunya dapat cepat juga kita memenuhi target. Sehingga bisa mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital se-Asean di tahun 2020," ujarnya.

Terkait dengan lokasi sekolah tersebut, Kominfo masih melakukan koordinasi dengan sejumlah lembaga terkait. Namun, pihaknya telah mengincar kawasan BSD, Tangerang.

Anggota BPK Achsanul Qosasi Didakwa Terima Uang Korupsi Proyek BTS Rp 40 Miliar

"Di sini (BSD) lokasinya juga cukup bagus. Ada dukungan dari Sinar Mas Land yang menjadi kawasan digital hub. Nanti kita koordinasikan lebih lanjut," ungkapnya.

Disebutkan pula, kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang yang dikelola oleh pihak Sinar Mas Land juga direncanakan pemerintah menjadi 'Silicon Valley' Indonesia. (ase)

Apple AirTag.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, produk Apple mendominasi smartphone yang diimpor di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024