Heboh Tweet Akun 'Ibu Lis' soal Sandi, Hoax atau Bukan?

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Maret 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Pemaparan cawapres Sandiaga Uno kembali memicu heboh di internet. Bukan soal gagasan atau idenya, tapi karena menyebutkan kisah warga bernama Ibu Lis, yang mengeluhkan biaya pengobatan kanker.

Sandiaga Khawatir Gelombang Ketiga Corona yang Lebih Dahysat

Dalam sesi debat Pilpres 2019 putaran ketiga, Sandiaga menyampaikan kisah pilu Ibu Lis yang mana pengobatannya dihentikan lantaran BJPS tidak bisa lagi membiayai pengobatannya. 

"Saya teringat kisah Ibu lis dan di mana pengobatannya harus disetop karena BPJS tidak lagi meng-cover. Di bawah Prabowo Sandi, kami pastikan dalam 200 hari pertama akar permasalahan BPJS dan JKN kita selesaikan. Kita pastikan defisit ditutup dengan penghitungan melibatkan putra putri terbaik bangsa," kata Sandi dalam debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Maret 2019. 

Sandiaga Sarankan Khofifah-Risma 'Tidak Berpolitik' untuk Lawan Corona

Setelah Sandi menyampaikan kisah tersebut, di Twitter tiba-tiba muncul akun yang mengatasnamakan Ibu Lis. Akun tersebut bernama @LiesSugiyarti. 

Akun ini menariknya, muncul pada jam debat berlangsung. Status biografi akun pun cukup menarik, yakni 'saya tidak kenal Sandiaga'. Tampak biografi tersebut sebagai jawaban atas kisah Sandi yang disampaikan dalam debat. Pantauan di akun itu, postingan pertama yakni 'saya tidak kenal Sandiaga Uno'. 

Sebar Lokasi CFD, Sandiaga Sebut Kebijakan Tepat

Postingan selanjutnya, yakni bantahan apa yang disampaikan Sandi dalam panggung debat dan terlihat ‘menyerang’ Sandi. 

"Pa Sandiaga Uno sebaiknya jgn bawa bawa saya dalam debat. Saya di Sragen sdh susah. Jangan buat saya lebih susah. Nanti netizen DM saya, ajak saya kopdar lalu nanti saya harus bikin thread. Plis pa Sandiaga Uno. Saya hormat kpd Anda walau terakhir saya dengar anda ga bayar kopi," tulis akun tersebut. 

Postingan ini langsung viral di Twitter, status tersebut di-retweet 2,3 ribu pengguna Twitter dan disukai 1,9 ribu pengguna Twitter.

Foto profil akun tersebut usut punya usut menggunakan foto milik orang lain yang bernama Ega Hegarini. Namun belakangan fotonya berganti dengan warna bendera merah putih. 

Dalam pelacakan di akun Facebook Sandiaga Uno, Ibu Lis yang dimaksud yakni Liswati. Dia merupakan penyandang kanker payudara yang biaya obatnya tidak ditanggung pemerintah. 

Dalam postingan di akun Facebooknya, Sandi mengatakan perlakuan yang diterima Ibu Liswati sangat tidak adil. 

"Beliau ingin mendapatkan keadilan untuk pelayanan kesehatan. Insya Allah Bu, kami akan perjuangkan masalah ini. Saya dan Pak Prabowo Subianto akan memperbaiki tata kelola BPJS, karena sistem BPJS kesehatan ini seharusnya dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan, bukan malah menyusahkan," tulis Sandi dalam postingan tertanggal 30 Desember 2018. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya