Membongkar Peran Akun 'Ibu Lis' yang Disebut Sandiaga Uno

Posisi akun @LiesSugiyarti dalam peta analisis debat cawapres
Sumber :
  • Twitter/@ismailfahmi

VIVA – Debat cawapres ketiga pada Minggu malam, 17 Maret 2019 menyisakan perbincangan hangat soal 'Ibu Lis'.

Sandiaga Khawatir Gelombang Ketiga Corona yang Lebih Dahysat

Topik ini populer gara-gara kisah cawapres Sandiaga Uno menceritakan keluhan ibu di Sragen bernama Lisawati soal biaya berobat.

Kisah Sandiaga itu mendapat respons munculnya akun @LiesSugiyarti. Akun ini cepat viral di Twitter beberapa saat usai cerita Sandi tersebut.

Sandiaga Sarankan Khofifah-Risma 'Tidak Berpolitik' untuk Lawan Corona

Dalam salah satu postingannya, akun ini menuliskan tidak pernah bertemu dengan Sandi seakan membantah apa yang disampaikan Sandi dalam debat.

Namun, belakangan ketahuan, akun tersebut cuma akun jadi-jadian dan bukan akun Ibu Lis yang sebenarnya.

Sebar Lokasi CFD, Sandiaga Sebut Kebijakan Tepat

Munculnya akun ini menjadi perhatian publik. Analisis percakapan media sosial Drone Emprit menunjukkan temuan unik, akun @LiesSugiyarti menjadi akun juru penengah dua kubu atau akun arbitrase.

Dalam catatan peta analisis Drone Emprit, percakapan seputar debat cawapres di media sosial Twitter memunculkan tiga kluster besar yakni kluster 01, kluster 02 dan kluster arbitrase.

"Ternyata ada dua kelompok arbitrase yakni antara 01 (utama) dan 02 dan antara 01 (utama) dan 01 (tambahan)" tulis pendiri dan analis Drone Emprit, Ismail Fahmi dikutip dari akun Twitternya, Selasa 19 Maret 2019.

Ismail menuliskan, pada peta analisis di antara kluster 01 yang utama dan kluster 01 tambahan, ada akun @LiesSugiyarti. Akun 'Ibu Lis' ini mendapat retweet dari kedua kluster 01 tersebut.

Warna yang muncul dalam analisis percakapan Drone Emprit pada kluster ini menunjukkan node orange. Artinya, kata Ismail, postingan dari kluster ini termasuk postingan dari akun 'Ibu Lis' sangat negatif kepada Sandiaga.

Publik sempat heboh, usai debat kenapa akun @LiesSugiyarti dengan cepat viral di Twitter, padahal akun ini baru seumur jagung. Ternyata analisis dari Drone Emrprit menunjukkan, akun ini cepat populer karena postingan akun ini diamplifikasi dari top influencer.

"Kenapa akun ini meski baru dibuat tapi langsung mendapat RT yang tinggi, karena ternyata ada beberapa top influencer yang meretweet, sehingga diikuti oleh followernya yang besar," jelas Ismail.

Dalam peta analisis Drone Emprit menunjukkan, beberapa top influencer yang memopulerkan akun @LiesSugiyarti yakni @habibthink, @makLambeTurah, @GunRomli sampai Airin_NZ. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya