Menkominfo: Palapa Ring Paket Timur Sudah 94 Persen, Ujiannya di Papua

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Infrastruktur Palapa Ring Paket Timur diperkirakan selesai paling lambat pada Juni 2019. Saat ini proses penyelesaian sudah mencapai 94 persen.

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan infrastruktur di Provinsi Papua sulit dibangun karena letak geografis.

Ia mengaku banyaknya gunung dan akses jalan yang belum tersedia menyulitkan pekerjaan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI.

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

"Memang berat tapi kami harus mengoneksikan seluruh kabupaten/kota di Indonesia lewat internet kecepatan tinggi," kata dia di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.

Rudiantara optimistis jika pertengahan tahun ini sudah bisa integrasi seluruh Paket Palapa Ring. Ia pun bersama Direktur Utama BAKTI, Anang Latief, melakukan uji coba video teleconference di sejumlah daerah di 3T, yaitu Kabupaten Sorong, Kabupaten Natuna, Kabupaten Pulau Morotai, dan RSUD Embung Fatimah Batam.

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

Tak hanya itu, keduanya juga melakukan video call dengan dua nelayan di Perairan Natuna. Rudiantara mengatakan keinginannya agar masyarakat bisa mudah terlayani setelah Palapa Ring terbangun.

"Teknologi jadi alat mempermudah. Bagaimana meningkatkan kualitas hidup sebagai masyarakat," ungkapnya.

Selain Palapa Ring, pemerintah juga menyiapkan satelit highthrouput yang siap diterbangkan pada 2022, yang akan menghubungkan 150 ribu titik. Tempat publik seperti sekolah, puskesmas hingga kantor desa di daerah 3T akan terhubung internet dengan Satelit Satria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya