WHO: Gen Manusia Anti-HIV Timbulkan Risiko dari Sisi Etis dan Medis

Dr. He Jiankui, ilmuwan yang sukses mengedit dan membuat manusia.
Sumber :
  • Instagram/@joey_jmsc

VIVA – Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization baru-baru ini melakukan pertemuan untuk membentuk komite tata kelola global dan standard pengawasan pengeditan gen manusia.

Bantah Tudingan Venny Alberti Tularkan Penyakit Kelamin, Akash Elahi: Saya Siap Tes HIV Lagi

Hal tersebut dilakukan setelah adanya ide dari ilmuwan China He Jiankui yang ingin memodifikasi dua embrio atau embrio kembar.

Dilansir dari situs TechCrunch, Kamis, 21 Maret 2019, ilmuwan tersebut diketahui akan memodifikasi dua embrio menggunakan teknologi CRISPR guna menghilangkan gen CCR5. Gen ini punya peran penting dalam pembentukan Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Venny Alberti Ngaku Kena PMS, Akash Elahi Bingung Sudah Lama Tak Berhubungan dengan Istrinya

Setelah Jiankui mengumumkan karyanya, ia menerima kecaman dari seluruh dunia. Atas hal ini WHO mengambil langkah pertama untuk mengatur penggunaan teknologi.

“Pengeditan gen pada manusia memegang janji yang luar biasa bagi kesehatan. Tetapi juga menimbulkan beberapa risiko, baik secara etis maupun medis,” kata Direktur Jenderal World Health Organization, Tedros Adhanom.

Akash Elahi Bantah Tudingan Venny Alberti Soal Penyakit Seks: "Fitnah Kejam!"

Selama dua hari terakhir, komite telah mengeluarkan beberapa langkah. Pertama, mengatur penelitian seputar pengeditan gen manusia. Kedua, meminta WHO untuk membuat daftar bagi ilmuwan yang melakukan penelitian pengeditan gen manusia.

“Komite akan mengembangkan alat dan panduan penting bagi semua yang bekerja pada teknologi baru untuk memastikan manfaat maksimal dan risiko minimal terhadap kesehatan manusia,” ungkapnya.

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.

Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Membuka bungkus kondom sendiri kata dia, tidak boleh menggunakan gigi atau mulut. Sebab bisa berisiko kondom tersebut menjadi sobek

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024