Australia Blokir Platform Internet Penyimpan Video Teror Selandia Baru

Tulisan pesan perdamaian dan bunga diletakkan warga di depan Masjid Wellington, Kilbirnie, Wellington, Selandia Baru, Sabtu, 16 Maret 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ramadian Bachtiar

VIVA – Penyedia layanan internet Australia memblokir sejumlah platform internet usai serangan teroris Christchurch, Selandia Baru yang terjadi pekan lalu. Platform yang diblokir di antaranya yaitu 4chan, 8chan LiveLeak, Voat, Zero Hedge dan KiwiFarms. Platform tersebut kepergok menyimpan rekaman video kejadian penembakan di dua masjid Christchurch.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Dilansir dari laman Business Insider, Kamis 21 Maret 2019, penyedia layanan internet yang memblokir platform internet itu adalah Vodafone Australia, TPG, Telstra, dan Optus. 

Sejumlah pengguna Twitter mengabarkan pemblokiran tersebut. Beberapa pengguna mengaku gagal mengakses 4chan menggunakan Optus. 

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Dalam pernyataannya, Vodafone Australia memblokir sementara sejumlah situs yang ditemukan menampung potongan gambar penembakan. 

Juru bicara perusahaan itu mengonfirmasi tidak akan memblokir situs yang menghapus video kejadian. Dia mengatakan masih ada situs yang terblokir karena tidak memenuhi permintaan mereka. Juru bicara itu juga enggan menyebutkan nama situs yang masih terblokir itu. 

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?

"Kami mengambil tindakan ini karena kami percaya ini hal yang benar harus dilakukan, untuk menghormati korban kekejaman itu dan orang-orang yang menyayangi mereka, untuk membantu menghentikan pengguna membagikan video yang mengganggu ini," ujar Vodafone Australia. 

Operator internet itu memahami situasi para pengguna yang menggunakan platform untuk tujuan positif termasuk ketidaknyamanan pengguna. Tapi perusahaan mempercayai saat ini yang diperlukan adalah respons luar biasa untuk setiap orang. (dhi)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan Selandia Baru, Nicola Willis dalam kunjungan kerjanya di Amerika Serikat (AS).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024