Universitas Blokir Netflix di Kampus, Mahasiswa Dilarang Nonton

Netflix.
Sumber :
  • Study Breaks Magazine

VIVA – Universitas Purdue di negara bagian Indiana, Amerika Serikat, melarang mahasiswanya mengakses layanan streaming di wilayah kampus. Pihak universitas memblokir situs seperti Netflix, Hulu dan juga HBO. 

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Langkah ini dilakukan karena adanya sejumlah keluhan dari pihak fakultas. Mereka mengeluhkan jaringan internet yang menjadi lambat dan membuat aplikasi akademik tidak dapat digunakan selama kelas berlangsung. 

"Ada bandwidth terbatas yang tersedia. Jika ada orang yang menggunakan streaming film, maka mereka akan mengonsumsi semua bandwidth yang tersedia," kata Direktur Eksekutif Infrastruktur Teknologi Informasi Universitas Purdue, Mark Sonstein, seperti dilansir laman The Star, Senin 25 Maret 2019.

Kemenkominfo Mengadakan Nonton Bareng Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Pihak Universitas sendiri mengklaim belum menerima keluhan akibat kebijakan baru tersebut. 

Ini menjadi langkah besar dan yang pertama bagi kampus memblokir layanan streaming film. Walaupun kebijakan yang sama diterapkan di SMA dan kantor. 

Kemenkominfo Menyelenggarakan Webinar "Waspada Rekam Jejak Digital di Internet"

Sementara itu, Universitas Roosevelt di Chicago mengatakan tak akan memblokir akses layanan streaming. Langkah yang sama juga diterapkan oleh Universitas Illinois. 

"Kami telah membuat investasi signifikasi pada jaringan kami untuk memberikan infrastruktur teknologi pada siswa, fakultas dan staf untuk mendukung kebutuhan mereka," kata juru bicara Universitas Illinois. 

Langkah berbeda diterapkan di sekolah hukum Universitas Chicago. Sejak 2008, kampus tersebut telah mematikan jaringan Wi-Fi di kelas untuk mahasiswa bisa memerhatikan dan terlibat saat belajar. 

Professor Saul Levmore mengatakan, ini menjadi norma yang diterima di kalangan mahasiswa. Walaupun saat ini ponsel sudah bisa menjadi hot spot internet. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya