Kubu 01 Vs 02, Siapa Lebih Militan?

Peta analisis percakapan 'militan' Drone Emprit
Peta analisis percakapan 'militan' Drone Emprit
Sumber :
  • Facebook/Ismail Fahmi

VIVA – Belakangan ini calon presiden nomor urut 01 menyemangati pendukungnya untuk meningkatkan militansi dalam menangkal hoaks dan fitnah yang ditujukan kepadanya. Selain itu, Jokowi pekan lalu juga menekankan kepada pendukungnya untuk menebalkan semangat militansi, apalagi waktu pencoblosan makin dekat.

Penekanan militansi oleh Jokowi kepada pendukungnya tersebut menjadi pembahasan menarik. Sebab selama ini pendukung capres nomor urut 02 juga kerap dicitrakan sebagai gerakan yang militan.

Analisis percakapan media sosial Drone Emprit mengecek seberapa tinggi militansi kedua kubu dalam tiga bulan terakhir. 

Drone Emprit menangkap percakapan dengan kata kunci 'militan' dan 'militansi' di media sosial dan media online sejak 21 Desember 2018 sampai 24 Maret 2019. 

Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi mengungkapkan, dari data pantauan tiga bulan terakhir itu, ada tren penggunaan kata kunci tersebut naik turun relatif stabil.

Ismail menuturkan, volume percakapan tertinggi ditemukan di Twitter dengan adanya 145 ribu mention, media online 6,4 ribu mention, Facebook 3,3 ribu mention, Instagram 1,3 ribu mention, dan YouTube 190 mention.

Tingkat interaksi percakapan ini di Twitter sangat tinggi, sebesar 11,40 interaksi per status baru. Menurut Ismail, tingkat interaksi itu menandakan tingginya ‘militansi’ follower dalam mengamplifikasi status dari influencer mereka.