WhatsApp Punya Fitur Baru Hadang Hoax, Pengguna Bisa Cek Sendiri

Ilustrasi pengguna WhatsApp
Sumber :
  • Instagram/@maurovianzedc7

VIVA – WhatsApp dikabarkan sedang bereksperimen untuk mengembangkan fitur yang lebih mumpuni dalam memerangi penyebaran berita palsu (hoax).

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Seperti dilaporkan Engadget, 25 Maret 2019, fitur yang saat ini dalam versi beta tersebut, nantinya akan memberi label pesan 'Sering Diteruskan' atau 'Frequently Forwarded', jika telah dibagikan lima kali atau lebih.

Pengguna juga dapat melihat jumlah penerusan pesan dengan memeriksa tombol 'Info Pesan'. Akan tetapi, fitur ini sepertinya akan lebih fokus pada pesan yang Anda kirim daripada yang Anda terima.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Dengan begitu, diharapkan pengguna yang hendak meneruskan suatu pesan dari pengguna lain, akan dapat mempertimbangkan atau lebih berhati-hati jika Info Pesan tersebut menunjukkan status 'Sering Diteruskan'.

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Belum pasti kapan fitur WhatsApp baru ini akan diluncurkan. Namun jika melihat perkembangannya di program beta, sepertinya perilisannya hanya tinggal menunggu waktu.

Beberapa waktu terakhir, WhatsApp gencar mengembangkan cara untuk menghentikan hoax, yang dulunya sangat mudah viral melalui pesan beruntun.

Hal itu menanggapi beragam kritik yang dilontarkan oleh banyak pihak, terkait peredaran berita palsu di India, yang menyebabkan korban tewas.

(ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya