Sektor Manufaktur Didorong Manfaatkan Robot dan Fintech

Ilustrasi robot dan manusia di industri.
Sumber :
  • Robotic Industries Association

VIVA – Berkembang pesatnya teknologi perlahan membuat industri manufaktur di Indonesia beralih menggunakan tenaga robot dalam melakukan tugas repetitif, atau yang sifatnya berulang-ulang, secara akurat.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Selain efisien, tenaga robot diklaim juga bisa meminimalisir kesalahan pada manusia atau human error yang masih sering ditemui di dalam industri manufaktur.

Banyaknya industri manufaktur di Indonesia membuka peluang pasar yang besar bagi raksasa manufaktur robotik untuk berlomba-lomba memasarkan produk mereka.

Inovasi untuk Menciptakan Produk yang Sesuai Kebutuhan

ABB Robotics salah satunya. Direktur Utama PT Gazegaz Pasifik International, Rachmat Hidayat mengatakan, bersama SMI menggandeng PT Buana Cahayatama dalam membuka peluang pasar robot di Indonesia. Sebagai informasi, PT Buana Cahayatama adalah agen resmi yang ditunjuk ABB Robotics.

"Kerja sama Gazegaz dan SMI bersama Buana Cahayatama merupakan langkah awal perkembangan bisnis ke industri manufaktur yang diharapkan dapat memaksimalkan pemasaran robot di Indonesia," kata dia, lewat keterangannya, Selasa, 26 Maret 2019.

Apindo Ungkap RI Alami Industrialisasi Berkelanjutan, Pemerintah Diingatkan Ini

Rachmat menyebut perkembangan teknologi yang pesat secara perlahan membuat industri manufaktur di Indonesia beralih menggunakan tenaga robot. Lebih lanjut, ia mengatakan Gazegaz juga telah merespons keberadaan financial technology atau fintech.

Dengan semakin meningkatnya tren penggunaan aplikasi fintech di Indonesia, Rachmat melanjutkan, maka perusahaannya dalam waktu dekat meluncurkan produk fintech bernama 8Pay.

"Kami berharap 8Pay mampu bersaing dan turut meramaikan industri fintech di Tanah Air. Aplikasi ini juga akan melengkapi fitur pembayaran di Interractive Digital Trading Platform (IDTP) Gazegaz sebagai dompet digital," jelasnya.

Selain itu, Rachmat juga merencanakan 8Pay untuk dijadikan alat pembayaran dan tiket masuk di acara komunitas eksklusif Volkswagen tahun ini. Hal tersebut juga bagian dari memperkenalkan 8Pay ke masyarakat luas. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya