Industri Gaming Melejit, Setahun Bisa Kantongi Omzet Rp1 Triliun

Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia, Agus Honggo Widodo.
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Misrohatun Hasanah

VIVA – PT Metrodata Electronics Tbk, selaku distributor Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK), kini semakin memperkuat posisinya di lini gaming. Anak perusahaan yang bergerak khusus di lini gaming, PT Synnex Metrodata Indonesia (MSI), berhasil menguasai pasar gaming dengan persentase 50 persen.

'Invasi' Laptop Gaming Asus ke Indonesia

Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia, Agus Honggo Widodo mengatakan, bisnis IT di bidang gaming memiliki perkembangan tercepat. Pada 2018 omset perusahaan sudah tembus angka Rp1 triliun.

"Kami mulai mengembangkan pasar gaming sejak tahun 2011. Setiap tahun perkembangannya pesat. Unit yang paling laris range harganya Rp10-20 juta," ujarnya dalam acara 'Build your Gaming Empire' di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Rabu, 27 Maret 2019.

Acer Nitro V 15, Gamer Pemula Silakan Coba

Dirinya percaya jika pertumbuhan pasar gaming setiap tahunnya mencapai 30-40 persen. Di MSI sendiri kontribusi penjualan terbesar datang dari sub-brand gaming Asus, ROG yang pangsa pasarnya sudah mencapai 55 persen di Indonesia.

Produk di lini gaming setiap tahunnya terus berkembang. Terlebih telah menjamurnya kompetisi e-sports yang digelar oleh berbagai industri. Adapun perangkat gaming yang disediakan oleh MSI terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan aksesoris.

Kabar Baik untuk Pengguna Axioo Pongo

Indonesia sendiri menduduki peringkat 17 di pasar gaming Asia Pasifik. Sedangkan di bawahnya ada Thailand dan posisi tepat di atasnya ada negara India. Sedangkan posisi pertama ditempati oleh China, kemudian Jepang dan Korea Selatan. Adapun negara tiga terbawah ialah Pakistan, Singapura dan Hongkong.

Metrodata sendiri telah mengantongi omset lebih dari Rp10 triliun pada tahun lalu dengan pertumbuhan year-on-year (YoY) sebesar 17 persen. Harapannya untuk tahun ini pendapatan mereka bisa bertambah hingga Rp12 triliun. (ann)

Laptop Asus ROG.

Perhatian Tertuju ke 2 Laptop Gaming Asus ROG

Asus Indonesia mengumumkan salah satu sorotan dari lini Republic Of Gamers (ROG) yang akan meluncur di 2024, yaitu ROG Zephyrus G14 dan G16.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024