NASA Buka Lowongan dengan Gaji Rp200 Jutaan, Kerjanya Cuma Tidur

Alat tes astronaut milik DLR.
Sumber :
  • ESA

VIVA – Badan antariksa dua negara Barat, Amerika Serikat (NASA) dan Eropa (ESA), membuka lowongan kerja dengan gaji fantastis, yaitu US$19 ribu atau Rp267 juta.

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Kerjanya sangat mudah, cuma berbaring di tempat tidur dengan diikat selama dua bulan, lalu tubuh kita dipintal dalam centrifuge.

Ya, NASA ingin merekrut sukarelawan untuk menguji bagaimana gravitasi buatan dapat membantu dan menjaga astronaut tetap sehat selama bertugas di luar angkasa.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Saat ini uji coba tersebut memasuki fase kedua, di mana Badan Luar Angkasa Jerman (DLR) akan melakukan tugasnya yang dimulai pada September hingga Desember 2019 di Koeln.

Dalam fase ini, DLR mencari 12 laki-laki dan 12 perempuan yang bersedia menghabiskan waktu sehari-hari di tempat tidur dengan kemiringan 6 derajat.

Sampah China Diburu Amerika

Selain itu, kaki mereka disanggah dengan posisi di atas kepala, dengan satu bahu menyentuh tempat tidur.

Posisi ini dinilai mengurangi aliran darah sampai dalam kondisi ekstrem, persis seperti yang dialami astronaut di luar angkasa.

Ketika rebahan, satu kelompok relawan akan diputar-putar di centrifuge, sementara kelompok lainnya tidak. Gaya sentrifugal dapat disesuaikan dengan ukuran subjek, dalam hal ini tubuh manusia.

"Kami tertarik terhadap bagaimana menjaga kesehatan dan juga kinerja astronaut, terutama dalam kondisi ekstrem, ketika berada di luar angkasa dan kembali ke Bumi. Di sinilah tantangannya," demikian diungkapkan oleh DLR, seperti dikutip dari CNET, Jumat, 29 Maret 2019.

Uji coba ini akan berlangsung di fasilitas penelitian medis DLR yang disebut envihab, berasal dari kata lingkungan dan habitat. Meski begitu, tidak semua peserta dapat memenuhi syarat tersebut.

Sebab, persyaratan lainnya adalah peserta diwajibkan untuk bisa bahasa Jerman, berusia antara 24 sampai 55 tahun, serta sehat walafiat. Di luar dua bulan, para peserta akan mendapat tambahan 29 hari untuk aklimasi serta pemulihan, seperti peregangan, pijat dan fisioterapi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya