Logo BBC

Chicxulub: Bukti Asteroid Raksasa Sebabkan Tsunami Besar di Bumi

Artwork: The impact hit with the energy equivalent to 10 billion Hiroshima bombs - BARCROFT PRODUCTIONS/BBC
Artwork: The impact hit with the energy equivalent to 10 billion Hiroshima bombs - BARCROFT PRODUCTIONS/BBC
Sumber :
  • bbc

Para ilmuwan berhasil mendapatkan gambaran luar biasa tentang dampak dari hantaman asteroid pada permukaan Bumi 66 juta tahun yang lalu, yang antara lain memusnahkan dinosaurus.

Penggalian di North Dakota, Amerika Serikat, menemukan fosil-fosil ikan dan pohon yang terhujani batu dan batu kaca yang jatuh dari langit.

Deposit yang ditemukan juga memperlihatkan adanya bukti terjangan air, yang diyakini berasal dari kenaikan permukaan air laut secara besar-besaran akibat dari imbas benturan asteroid.

Rincian dampak benturan benda langit di permukaan Bumi ini diuraikan secara terperinci di Jurnal PNAS.


Robert DePalma adalah mahasiswa strata tiga University of Kansas yang mendalami geologi. - Robert DePalma

Dalam artikel di jurnal tersebut, Robert DePalma dan beberapa rekan dari University of Kansas, mengatakan, bahwa penggalian di kawasan yang dikenal dengan sebutan Tanis, di North Dakota, memberi gambaran luar biasa tentang apa yang terjadi 10 menit hingga beberapa jam setelah asteroid raksasa menghantam Bumi.

Ketika benda langit dengan garis tengah 12 km ini menghantam kawasan di Bumi, yang sekarang adalah Teluk Meksiko, miliaran ton batu-batu yang meleleh dan sangat panas terlempar ke segala arah dengan ketinggian mencapai ribuan kilometer.