Logo ABC

Pertama di Dunia, Panen Buah Apel Pakai Robot

Sumber :
  • abc

Petani apel di Australia memantau dari dekat hasil panen komersial apel pertama di dunia yang menggunakan mesin robot yang sedang berlangsung di sebuah kebun di Selandia Baru.

Robot pemetik buah

Poin utama:

Analisis hasil kerja dari robot pemetik apel menunjukkan tidak ada lagi kerusakan pada buah dibandingkan dengan buah yang dipetik oleh manusia. Petani Australia mengatakan robot akan kesulitan memanen buah di ladang yang tidak datar. Pengembangnya mengatakan robot pemetik buah ini akan melengkapi pemetikan buah yang telah dilakukan oleh manusia.

Proses panen buah dengan menggunakan robot di kebun apel T&G Global di Hawkes Bay, Selandia Baru berlangsung, setelah perkebunan ini selama empat tahun bekerja sama dengan mitra teknologi Abundant Robotics yang berbasis di AS dalam mengembangkan robot pemetik buah ini.

"Robot itu memiliki sistem penglihatan komputer yang memindai daun-daun, mengidentifikasi buah yang cocok untuk dipanen, dan menggunakan metode mengisap untuk mengeluarkan buah dari pohon," kata Gary Westwood dari T&G Global.

"Butuh waktu cukup lama sebelum robot ini dapat bergerak cepat tetapi kami senang dengan kemajuannya sejauh ini.