Bukti Sains Kucing Bisa Mengenali Namanya Dipanggil

Ilustrasi kafe kucing
Sumber :
  • Pixabay/vedanti

VIVA – Kucing peliharaan dapat mengerti namanya dipanggil oleh majikan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports.

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Nature Asia melaporkan pada Jumat, 5 April 2019, Atsuko Saito dan rekannya, menyelidiki apakah kucing dapat membedakan antara nama mereka sendiri dan kata benda lain atau nama-nama kucing lainnya.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anjing dapat merespons perintah verbal manusia, tetapi kemampuan kucing untuk memahami gerakan bibir yang berbicara kurang dipahami dengan baik.

Alasan Mengapa Kucing Suka Berantakan Rumah Pemiliknya

Para peneliti tersebut mempelajari total 78 kucing milik keluarga Jepang dan dari 'kafe kucing'.

Dalam penelitian itu, peneliti mengucapkan empat kata berbeda diikuti dengan nama kucing itu sendiri.

Ini 5 Tanda Kucing Peliharaan Kamu Sedang Sakit

Kucing yang mengenali nama mereka, didefinisikan dengan ia merespons saat dipanggil, apakah melalui menggerakkan telinga, kepala atau ekor, dan mengeong.

Para penulis penelitian menemukan bahwa kucing dapat membedakan nama mereka dari kata-kata lain yang diucapkan manusia, bahkan ketika orang yang tidak dikenal menyebutnya.

Kucing dari kafe kucing dan kucing rumah tangga menunjukkan kemampuan yang sama dalam mengenali nama mereka sendiri daripada kata benda umum. Namun pada kucing kafe kurang mampu membedakan namanya sendiri jika dibandingan dengan nama kucing lainnya.

Para penulis beranggapan bahwa perilaku kucing kafe ini mungkin terjadi karena ia sering mendengar namanya disebut ketimbang nama-nama kucing yang hidup bersama lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya