Siapapun Presidennya, Piala Presiden Esports Tetap Digelar Tiap Tahun

Ilustrasi eSports.
Sumber :
  • Instagram/@garenaaovid

VIVA – Kompetisi Piala Presiden Esports baru pertama kali dilaksanakan pada 2019. Nantinya ajang tanding olahraga elektronik ini bakal tetap dilaksanakan siapa pun nanti yang akan menjadi presiden. Piala Presiden Esports 2019 merupakan ide dari Presiden Joko Widodo.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Wakil Steering Committee Piala Presiden Esports, Angki Trijaka, mengatakan, ajang tersebut bakal rutin dilakukan per tahun.

"Saya enggak bilang dari sisi politik, yah. Kalau masalah sport jangan dikaitkan dengan politik. Dalam hal ini siapa pun presidennya, harusnya tetap jalan. Karena ini kan untuk mendukung ekosistem e-sports," katanya di Jakarta, Jumat 5 April 2019.

Yusril soal Gugatan Ganjar-Mahfud: Dalam Sejarah, Tak Ada Aturan Pilpres Diulang

Meskipun begitu, menurutnya, usai Pemilu nanti Kementerian Pemuda dan Olahraga akan membuat draf surat keputusan Piala Presiden Esports. Artinya siapa pun pemimpin Indonesia, Piala Presiden Esports tetap harus jalan. Tidak akan ada perubahan, hanya kemungkinan menambah jenis permainan yang dipertandingkan.

"Kemarin dari Kemenpora memang sudah menanyakan tentang menambah permainan, dua atau tiga lagi. Tapi kan harus kesepakatan dari empat kementerian, enggak bisa dari saya aja, enggak bisa kalau hanya ditentukan ketua pelaksana," ujarnya.

Arab Saudi Perdana Ikut Miss Universe 2024, Netizen: Kiamat Semakin Dekat

Angki mengucapkan terima kasih atas kesuksesan terselenggaranya Piala Presiden Esports yang persiapan waktunya sangat singkat, hanya sekitar tiga bulan. Total penonton selama 30-31 Maret 2019 ialah 7.632 penonton. Grand final ajang tanding e-sports ini menampilkan panggung yang belum pernah ada pada ajang e-sports di Indonesia sebelumnya.

Bintang tamu yang dihadirkan merupakan figur populer di tengah-tengah masyarakat, seperti Atta Halilintar dan Vidi Aldiano. Panitia menampilkan konsep orkestra pada penutupan, sehingga kompetisi ini tidak hanya relevan pada game saja, namun juga dikolaborasi di sisi hiburan.

Konsep yang diusung layaknya kompetisi di kancah internasional. Kolaborasi dilakukan bersama semua industri, seperti pelaku industri dan komunitas e-sports. Adanya semangat dari semua lapisan, menjadikan Piala Presiden Esports sukses dan diapresiasi oleh berbagai pihak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya