Jumlah Golput Bikin Khawatir, Begini Cara BaBe Mencegahnya

Sosialisasi Pemilu jangan Golput
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA – Jumlah golongan yang tidak memilih atau golput tahun ini diprediksi cukup banyak. Bahkan survei Indikator menyebut jika Pilpres tahun ini akan muncul sekitar 20 persen masyarakat yang golput.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Survei ini dianggap mengkhawatirkan karena berdampak pada masa depan Indonesia dan warga negaranya untuk lima tahun ke depan. Walaupun masing-masing pribadi punya alasan mengapa memilih untuk golput, tetapi faktor terbesar karena didorong oleh informasi yang salah, dan juga kurangnya pengetahuan.

Melihat tantangan tersebut, platform agregator berita BaBe mengupayakan informasi yang akurat dan terpecaya, bekerja sama dengan Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), serta media Tempo dan Viva.co.id. BaBe membuka platform berupa channel bernama 'BaBe Ungkap Fakta' untuk menjadi bagian memberantas berita bohong yang beredar di dunia maya.

50 Ribu Warga Aceh Besar Tidak Nyoblos saat Pemilu 2024

"Selama ini, kami selalu memastikan bahwa BaBe akan menjadi salah satu wadah tepercaya bagi seluruh warga Indonesia. Kami juga berharap dapat membantu mengurangi tingkat golput karena itu kami terus memberdayakan masyarakat Indonesia dengan informasi yang kredibel,” kata Shelly Tantri S, Head of Business Development BaBe, dalam keterangannya, Rabu, 17 April 2019.

Menurut Shelly, banyak hal yang bisa diubah dengan membuat masyarakat tidak golput. Salah satunya karena masyarakat memiliki peran besar dalam menentukan langkah Indonesia dalam kurun 5 tahun ke depan. Dengan demikian kita telah menentukan sendiri kualitas hidup kita dan bangsa ini. Yang secara langsung, warga berkontribusi pada pertumbuhan Indonesia.

Ratusan Warga Kalbar Pilih Golput untuk Pertahankan Wilayah

Selain artikel informasi mengenai pemilu, ada juga jadwal pemilu, jadwal kampanye, profil kedua kubu dan cara memilih di TPS. BaBe juga menyediakan live streaming debat kandidat capres-cawapres. (ann)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024