Viral Kasus Masturbasi, Sains Bicara Pengaruhnya bagi Otak

Ilustrasi masturbasi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Video berisi adegan masturbasi yang diduga melibatkan artis dan atlet Indonesia, membuat warganet heboh. Tak pelak kasus tersebut menjadi perbincangan hangat hingga hari ini. 

UI Terima 2.105 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Masturbasi disebut juga onani, yaitu kegiatan untuk memuaskan syahwat dengan cara mengeluarkan “secara paksa” air mani. llmu sains juga tak luput dari menyoroti masturbasi yang terkait dengan aspek kesehatan. Mengutip dari Science Alert, Selasa, 23 Maret 2019, ada rumor yang menyebut masturbasi dapat menyebabkan infertilitas dan bahkan kebutaan. Namun penelitian membantah bahwa itu tak benar. 

Masturbasi dapat dijelaskan, pada tingkat yang sangat dasar, ia melepaskan dopamin - neurotransmitter yang mengaktifkan rasa senang pada otak, dan endorfin yang secara aktif mengurangi persepsi rasa sakit.

Onani Saat Puasa Ramadhan, Batalkan Puasa? Buya Yahya Beri Jawaban

Bagi wanita, sensasi itu dapat membantu mengurangi rasa sakit dari kram menstruasi. Ditambah lagi, efek masturbasi disebutkan dapat menimbulkan gelombang hormon prolaktin, yang membantu tidur nyenyak setelahnya.

Dalam hal masturbasi, pria sepertinya menjadi pihak yang paling diuntungkan, dengan frekuensi ejakulasi tinggi berkorelasi dengan penurunan risiko kanker prostat. Para ilmuwan belum yakin mengapa, tapi mungkin semua ejakulasi itu menghilangkan lebih banyak karsinogen (penyebab kanker) dari prostat.

Patung Lilin Jokowi-Ir Soekarno Ada di Madame Tussauds Singapura, Ternyata Gini Cara Buatnya

Lantas, apakah masturbasi itu sebenarnya membawa manfaat atau malah merugikan? Meski terlihat seperti pemborosan sperma dan energi, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa masturbasi bisa menjadi strategi untuk meningkatkan kebugaran sperma dengan mengeluarkan yang lebih tua secara teratur.

Masturbasi juga disebut cara ampuh untuk melatih otot-otot alat vital untuk berhubungan seks dengan pasangan yang sesungguhnya.

Sandra Dewi

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Publik di media sosial saat ini sedang ramai membicarakan nama artis Sandra Dewi. Hal ini lantaran suaminya, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024