Triasmitra dan Telkominfra Selesaikan Kabel Laut Medan-Dumai

Penggelaran kabel laut di Sorong, Papua
Sumber :
  • Instagram/@mirambiproject

VIVA – PT Ketrosden Triasmitra atau Triasmitra bekerja sama dengan anak perusahaan Telkom, PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia atau Telkominfra. Keduanya melakukan Kick Off Penggelaran Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Medan-Dumai.

Panglima TNI Didesak Tangkap Pencuri Kabel Bawah Laut

Proses SKLL yang diberi nama Damai ini sudah dijalankan sejak kuartal tiga tahun 2018. Proyek ini ditargetkan untuk bisa berjalan pada kuartal tiga tahun ini. Sedangkan penggelaran kabel optik sudah dilakukan sejak pertengahan April 2019 dan berakhir akhir Juli 2019. 

“Proyek Medan-Dumai Cable System (DAMAI) ini memerlukan kabel optik sepanjang 572 kilometer, yang terbagi menjadi 2 segmen yaitu segmen Medan-Panipahan sepanjang 247 kilometer dan segmen Panipahan-Dumai sepanjang 325 kilometer," kata Kepala Eksekutif Triasmitra, Titus Dondi dalam keterangannya, Rabu 24 April 2019. 

Pembangunan Infrastruktur Kabel Bawah Laut Belum Masif, Ternyata Ini Kendalanya

Dia menjelaskan, kabel optik yang digunakan dalam proyek ini berkapasitas 24 cores (submarine). serta menggunakan kabel optik jenis G654 C. 

Titus menjelaskan kerja sama dengan Telkominfra berdasarkan pengalaman dari perusahaan itu. Anak perusahaan Telkom tersebut dinilai sukses menggelar kabel dan memelihara kabel laut selama lima tahun terakhir. 

Bangun Tol Langit Sejauh 1.150 Kilometer

Proyek Damai melengkapi jalur kabel yang dimiliki Triasmitra. Mereka sebelumnya telah memiliki jalur kabel sistem Jakarta-Bangka-Batam-Singapura atau B2JS. Jaringan ini sepanjang 1070 kilometer.

Selain itu adapula Surabaya-Denpasar dengan panjang 520 kilometer, Ultimate Java Backbone atas UJB dengan 2661 kilometer dan Jakarta-Surabaya (Jayabaya) 875 kilometer. 

Setelah selesai jalur kabel optik Medan-Dumai Cable System akan dikelola oleh anak usaha Triasmitra yaitu PT Triasmitra Multiniaga Internasional (TMI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya