Meski BBM Ditutup, Masih Bisa Pakai BBMe yang Lebih Ketat Jaga Privasi

Aplikasi BBMe
Sumber :
  • Play Store

VIVA – Menyusul keputusan Emtek untuk mengakhiri layanan BBM Consumer per tanggal 31 Mei 2019, BlackBerry menyediakan layanan BBM Enterprise (BBMe). BBMe adalah sebuah platform pengiriman pesan terenkripsi end to end yang dapat digunakan untuk keperluan percakapan pribadi para pengguna BBM.

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Dalam keterangan pers BBM Enterprise, keputusan dibuatnya layanan BBMe tersebut sudah diumumkan sejak 18 April 2019, sebagai rasa hormat BlackBerry kepada para pengguna setia BBM.

"Meskipun kami menghormati keputusan Emtek, kami sangat menyayangkan karena platform tidak berjalan dan berkembang seperti yang kami harapkan," ujar Mark Wilson, Chief Marketing Officer, BlackBerry, dikutip dari rilis, Kamis, 25 April 2019.

Keuangan Semakin Inklusif Untuk Penyandang Disabilitas

"Setelah melalui banyak pertimbangan, kami memutuskan bahwa pengguna setia BBM harus tetap memiliki platform pengiriman pesanan yang aman dan dapat dipercaya," imbuhnya. 

BBMe menyediakan layanan percakapan pribadi, suara, video, dan group chat yang aman dan gratis selama 12 bulan. Setelah itu, pengguna akan dikenakan biaya berlangganan selama 6 bulan sebesar USD$2,49. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store untuk versi Android dan segera menyusul di platform iOS. Tersedia juga versi Windows dan Mac.

Telkom Targetkan 100 Ribu UMKM Masuk ke Ekosistem Digital PaDi pada 2024

Dalam keterangan pers disebutkan pula mengapa para profesional seharusnya memilih BBMe. Alasannya, BBMe adalah sebuah platform pengiriman pesan yang aman dan melindungi privasi. BlackBerry tidak memonetisasi data sehingga layanan ini tidak akan meminta nomor telepon, menyarankan kontak ke pengguna, dan juga tidak melacak lokasi pengguna atau pun mengetahui konten yang dikirimkan kepada pengguna lainnya. Layanan ini hanya memerlukan alamat email untuk mendaftar, tidak seperti aplikasi lain.

Pada praktiknya, pengirim dan penerima masing-masing memiliki enkripsi publik/pribadi dan signing keys (kata kunci) yang unik. Kata kunci ini diproduksi oleh pustaka kriptografi bersertifikasi FIPS 140-2 pada perangkat yang digunakan oleh pengguna dan kata kunci ini tidak dikontrol oleh BlackBerry. 

Setiap pesan menggunakan kata kunci simetris yang baru untuk mengenkripsi pesan. Selain itu, enkripsi TLS antara perangkat dan infrastruktur BlackBerry dapat melindungi pesan BBMe dari penyadapan atau manipulasi.

Dari perspektif fitur, pengguna BBMe dapat melakukan percakapan grup, panggilan suara dan video, serta menyunting, menarik kembali, atau mengatur waktu kedaluwarsa suatu pesan. Mereka juga akan tahu kapan pesan diterima dan dibaca, dan memiliki kemampuan untuk berbagi file, catatan suara, dan lokasi mereka. BBMe untuk penggunaan individu dapat digunakan pada lima perangkat yang berbeda secara bersamaan. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya