Asyik! Sekarang Bisa Cek Prakiraan Cuaca Langsung dari Telegram

Chat bot BBTMC Info
Sumber :
  • Viva.co.id/ Alika Noor

VIVA – Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC)-BPPT meluncurkan aplikasi informasi cuaca berbasis aplikasi percakapan (chatting) yang mudah diakses masyarakat. Aplikasi ini dinamakan BBTMC Info. 

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

“Biasanya informasi cuaca harus akses ke website tertentu atau harus unduh aplikasi khusus. Namun, kami memanfaatkan aplikasi chat yang banyak digunakan para pengguna smartphone untuk update informasi cuaca bagi masyarakat,” ujar Kepala BBTMC, Tri Handoko Seto, dikutip dari keterangan pers, di Jakarta, Senin, 29 April 2019.

Tri Handoko Seto menegaskan BBTMC melakukan terobosan membuat bot chat ini untuk memudahkan masyarakat memperoleh informasi seputar cuaca. 

INFOGRAFIK: Extraordinary Mudik Gratis Naik Kapal Perang

“Dengan asumsi aplikasi Telegram sudah banyak digunakan mayoritas pemegang smartphone. Kami membantu mempermudah penyampaian informasi cuaca yg near-real-time tanpa harus install aplikasi tambahan atau buka browser untuk akses halaman web tertentu,” paparnya.

Halda Aditya Belgaman, Perekayasa Muda sekaligus Group Leader Prediksi Cuaca dan Evaluasi Proses TMC BBTMC mengatakan, ide pembuatan BBTMC Info tersebut adalah dari pemanfaatan bot aplikasi Telegram untuk komunikasi.

LSI: Gugatan di MK Bertentangan dengan Logika Publik yang Menerima Hasil Pilpres

“Memang sudah banyak yang memanfaatkan bot Telegram untuk mengirimkan secara otomatis gambar atau teks untuk penyebarluasan informasi,” ujarnya.

Bot Telegram, lanjut Halda, merupakan  aplikasi chat yang kode API (Application Programming Interface) tersedia untuk dikembangkan lebih lanjut oleh user-nya. “Jadi siapa pun bebas dan boleh mengembangkan untuk tujuan apa pun. Pengembangan BBTMC cukup singkat karena teknologinya sudah ada, jadi kami hanya menyesuaikan dengan data yang dimiliki,” ujarnya.

Akun bot BB-TMC berisikan berbagai informasi cuaca seperti monitoring hujan berdasarkan observasi radar Furuno, prediksi cuaca WRF (Weather Research and Forecasting), serta beberapa informasi pengamatan atmosfer lainnya.  “Informasi yang dibutuhkan secara otomatis dikirim ke smartphone,” ujar Halda.

Cara menggunakan chat bot ini cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke aplikasi Telegram, kemudian masukkan BBTMC Info di kolom pencarian. Klik 'Start' untuk terhubung, kemudian help untuk mulai menggunakan. 

Setelah itu, chat bot akan mengirim balasan berisi menu instruksi yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Di antaranya, 

Angin Harian -  Mendapatkan Data angin 3D Harian di Puspitek Serpong
Angin Now  -  Mendapatkan Data angin 3D Hari Ini di Puspitek Serpong
Radar -  Mendapatkan Data Hujan Saat ini di wilayah Jabodetabek
Disdro Harian -  Mendapatkan data ukuran Hujan Harian
Disdro Now -  mendapatkan data ukuran Hujan 6 jam terakhir dalam UTC (Universal Time Coordinated)
Radio Harian -  Mendapatkan data profil vertical kondisi udara Harian
Radio Now -  mendapatkan data profil vertical kondisi udara saat ini dalam UTC
Metgram -  mendapatkan data prakiraan cuaca di berbagai kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya