Sudah Dikubur 3 Tahun, Plastik Biodegradable Tetap Tak Terurai

Ilustrasi plastik biodegradable
Sumber :

VIVA – Kantong plastik biodegradable dikenal mudah terurai. Namun penemuan baru-baru ini sepertinya akan mematahkan klaim tersebut. Sebuah studi mengungkap bahwa kantong ini masih utuh dan bisa dipakai meski sudah terkubur di tanah dalam waktu yang cukup lama.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Dilansir melalui situs Metro, Selasa, 30 April 2019, peneliti dari University of Plymouth, Inggris meneliti lima bahan kantong plastik yang disediakan dan dipantau secara berkala.

Studi yang dipublikasikan di Environmental Science and Technology ini kemudian menemukan, bahan plastik yang seharusnya dapat terurai secara hayati tersebut tetap berfungsi setelah berada di tanah selama lebih dari tiga tahun. 

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Pemimpin penelitian, Imogen Napper mengatakan, kasus ini menjadi hal yang paling mengejutkan. "Ketika Anda melihat sesuatu diberi label mudah terurai (biodegradable), saya pikir Anda secara otomatis menganggap itu akan lebih cepat hancur daripada tas konvensional. Tetapi setelah tiga tahun, penelitian kami menunjukkan bahwa kejadiannya tidak demikian," katanya. 

Keberadaan sampah plastik selama bertahun-tahun belakangan ini telah menjadi ancaman bagi kelestarian Bumi. Fakta bahwa tidak terurainya plastik biodegradable setelah terkubur, tentu saja memberi perhatian baru terhadap bahan dan proses bisnisnya. (ann)

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia
Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024