Aplikasi Muslim Kesan, Hadirkan Hadis Harian hingga Kitab Kuning

Peluncuran aplikasi Kesan
Sumber :

VIVA – Sebuah aplikasi bernama Kesan resmi dirilis. Platform digital ini dibuat untuk membantu Muslim agar lebih mudah menunaikan ibadah

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Aplikasi besutan PT Kesan Digital Nusantara ini bertugas mengingatkan dan mengajak kepada kebaikan melalui pengiriman notifikasi.

"Kami merebut developer anak negeri yang begitu dengar azan langsung ke masjid dan punya semangat menciptakan aplikasi Islami dengan konsep pertama nudging dan lengkap," kata Chief Executive Officer Kesan, Hamdan Hamedan di Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019. 

Terpopuler: 3 Penyanyi Muslim Suka Lagu Rohani sampai Fakta Meli Joker

Salah satu layanan Kesan adalah memunculkan hadis setiap harinya di jam 9 pagi. Hamdan menambahkan, saat bulan puasa nanti akan ditampilkan hadis yang berkaitan dengan bulan Ramadan. 

"Betul-betul menemani segenap umat Islam. Aplikasi kepribadian Muslim setiap pagi kalau enggak ngelihat handphone ngelihat status jam 9 pagi ada hadis masuk nih," ujarnya. 

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Selain itu juga ada ajakan membaca doa dan selawat, serta pengingat salat wajib dan sunah. 

Kesan juga menghadirkan Kalender Hijrah, Arah Kiblat, Haji dan Umrah, Hadis Hari Ini, Alquran, dan Kitab Kuning. 

Aplikasi ini memiliki terjemahan Bahasa Indonesia untuk doa dan bacaan Alquran. Selain itu juga dilengkapi personal challenge untuk melakukan amalan ibadah. 

"Ketika kita beta testing kita dapat input dari user kenapa enggak dibuat fun daripada masuk apakah ingin diingatkan atau 'apa Anda mau Dhuha Challenge 10 days'. Ada reward system, encouragement," ujar dia. 

Kesan sudah bisa diunduh gratis di Google Play ataupun mengaksesnya melalui www.kesan.id. Grand Launching sendiri akan dilakukan pada Hari Santri Nasional 22 Oktober mendatang. 

"Kita lihat geregetnya dulu terus (untuk aplikasi versi iOS). Di Android banyak dan demand di iOS tinggi," kata Hamdan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya