Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Ratu Bulutangkis Indonesia

Google Doodle
Sumber :

VIVA – Google Doodles hari ini membuat gambar yang didedikasikan pada mantan pemain bulutangkis, Minarni Soedarjanto. Pada gambar itu, terlihat seorang perempuan yang sedang mengayunkan raketnya beserta logo Google di belakangnya. 

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

"Doodle hari ini memberikan penghormatan pada pemenang bulutangkis internasional Minarni Soedarjanto, yang dipuji di tanah airnya Indonesia sebagai 'Ratu dari seluruh ratu bulutangkis'," ujar pihak Google Doodle, dilansir laman resminya, Jumat, 10 Mei 2019. 

Tepat hari ini merupakan hari kelahiran Minarni. Dia lahir di Pasuruan, Jawa Tengah pada tahun 1944. 

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Doodle mencatat Minarni memulai debut bulutangkis pada usia 13 tahun. Dia memenangi kejuaraan pertamanya pada 1959 pada Kejuaraan Nasional. 

Saat itu, dia baru berusia 15 tahun. Pada tahun yang sama dia terpilih menjadi bagian dari tim nasional Indonesia untuk tampil pada Piala Uber. 

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Sayangnya, pada 1960, Indonesia harus menelan kekalahan. Namun, Minarni berhasil menyabet juara single dan double selama beberapa tahun. 

Kemenangannya termasuk pada All England. Dia memenangi kejuaraan itu untuk pertama kalinya pada 1968 yang saat itu berduet dengan Retno Koestijah. 

Pada 1969, dia berhasil memenangi dua kejuaraan sekaligus yaitu US Open dan Canada Open. Minarni tampil di Piala Uber pada 1963, 1966, dan 1969.

Tahun 1975, dia merupakan pemain sekaligus pelatih dan juga ibu tiga anak. Namun, ia menolak untuk pensiun karena belum bisa memenuhi ambisinya. 

Akhirnya dia berhasil menang dari Jepang dan mengangkat Piala Uber pertama Indonesia. Piala itu juga merupakan gelar terakhir dari Minarni. 

Minarni mengembuskan napas terakhirnya pada 14 Mei 2003 di usianya 59 tahun. 

"Terima kasih telah membuka jalan dan selamat ulang tahun ke-75, Minarni Soedarjanto," ucap pihak Google.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya