Fakta Sains tentang Kebiri, Seperti Lord Varys di Game of Thrones

Varys dan Tyrion Lannister
Varys dan Tyrion Lannister
Sumber :

VIVA – Serial fantasi Game of Thrones bertebaran adegan dan percakapan tentang kasim. Lord Varys menjadi tokoh kasim yang paling populer, namun masih ada lagi lainnya, yaitu Grey Worm dan pasukan Unsullied, yang dalam cerita tersebut telah sengaja dipotong kemaluannya sejak bayi.

Selain itu, ada pula Theon Greyjoy. Ia terpaksa menjalani sisa hidup tanpa organ reproduksi setelah disiksa dan dipotong oleh Ramsay Bolton secara sadis.

Karena Game of Thrones, banyak fans menjadi penasaran kemudian mempelajari apa itu kasim dan kehidupannya. Istilah kasim menggambarkan seseorang yang telah dikebiri, mereka kehilangan kesuburan karena buah zakarnya telah dibuang.

Terlepas dari scene film yang memukau, apakah sebenarnya kasim hanya hidup di masa lampau? Mengutip dari Realclearscience, 10 Mei 2019, di zaman modern pun ada kasim. 

Disebutkan di artikel yang tayang pada tahun 2013 tersebut, sebanyak 600.000 pria di Amerika Utara hidup sebagai kasim karena alasan medis. Sebagian besar mereka menderita kanker prostat.

Dari sudut pandang medis, testosteron yang merupakan hormon seks utama pria, dianggap memberi kontribusi besar pada pertumbuhan tumor dan kanker di prostat. Jadi, sebagai cara untuk menghambat penyebaran kanker, banyak dokter merekomendasikan untuk mematikan sumber utama hormon, yaitu testis.