Catat, Akhir Pekan Ini Ada Bulan Purnama Biru

Ilustrasi bulan purnama.
Sumber :
  • VIVAnews/ M Teguh

VIVA – Akhir pekan ini, para pengamat langit di seluruh dunia akan disuguhi pertunjukan astronomi yang menakjubkan, yaitu full blue moon.

Mengenal Wolf Moon yang Begitu Menakjubkan

Bulan purnama biru tersebut akan berlangsung pada malam hari tanggal 18 Mei 2019. Namun jangan berharap Anda bakal melihat wujud bulan berwarna biru. Karena julukan blue moon tidak ada kaitannya dengan warna.

Secara historis, istilah bulan biru digunakan untuk menggambarkan kejadian langka, yaitu bulan purnama tambahan. Karena umumnya momen bulan purnama terjadi tiga hari dalam satu periode. Namun di bulan Mei, akan ada empat hari bulan purnama. Nah, yang keempat inilah dijuluki Bulan Biru.

Warga Indonesia Siap-siap Menyambut Wolf Moon

Suku asli Amerika menyebut bulan ini sebagai Full Flower Moon. Alasannya karena bersamaan dengan musim semi saat bunga mulai bermekaran.

Mengutip dari Mirror, Senin, 13 Mei 2019, NASA menjelaskan bahwa bulan biru merupakan fenomena istimewa karena itu adalah bulan 'ekstra'. Ia biasanya hanya terjadi setiap dua setengah tahun. Jika Anda melewatkan bulan purnama biru tahun ini, Anda harus menunggu hingga terjadi lagi pada 22 Agustus 2021.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini
Ilustrasi Hilal

Diklaim Presisi dalam Pengamatan Hilal, Maroko Sebut 1 Ramadhan 2024 Jatuh pada 12 Maret

Kerajaan Maroko baru akan memulai pengamatan hilal pada Minggu sore, untuk menentukan awal Ramadhan 1445 H/2024.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024