Tantangan Smart TV di Tengah Gempuran Smartphone

TCL dan Lazada.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Perusahaan elektronik asal China, TCL, menyoroti masalah pengguna Internet di Indonesia yang angkanya mencapai 14 juta jiwa atau 54,68 persen pada 2018.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Perangkat yang banyak digunakan adalah smartphone bukan televisi, sehingga terbatas bagi usia di bawah tiga tahun.

Menurut survei Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, dari total pengguna internet ada 43,89 persen pengguna yang mengaksesnya selama satu sampai tiga jam per hari.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Kemudian, 29,63 persen mengakses selama empat sampai tujuh jam per hari, serta 26,48 persen mengakses di atas tujuh jam per hari.

Sales Director TCL Indonesia, Steven Zhao, mengatakan jika masyarakat tidak jeli maka tren internet bisa menggugurkan kebersamaan sesama keluarga.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Momen kebersamaan, menurut Zhao, bisa tercipta melalui televisi yang mana anak di bawah tiga tahun juga bisa turut menikmati konten yang sesuai usianya.

"Nah, di bulan Ramadan kami ingin mempererat interaksi dan hubungan keluarga di Indonesia, terutama di zaman yang serba digital," katanya di Jakarta, Senin, 13 Mei 2019.

Untuk itu, TCL menggandeng marketplace Lazada meluncurkan program 'Lazada Ramadan 2019: Berkah Untuk Semua', yang menawarkan televisi cerdas (smart TV) TCL tipe A3, E3 dan B3.

Promo dimulai pada 14-16 Mei 2019. Selain mendapat harga yang jauh dari harga normal, pelanggan juga berkesempatan mendapat hadiah.

"Tahun lalu kami telah menjual lebih dari 28 juta unit. Sedangkan, target untuk event ini saja empat ribu unit. Artinya, barang yang tersedia angkanya ada di atas target," ungkap Zhao.

Adapun perbedaan dari ketiga tipe ini adalah seri A3 merupakan Android smart TV dan entertainment certified.

Lalu, seri E3 diketahui bukan dari jenis Android smart TV, namun sudah mendukung 4k dan entertainment certified. Terakhir, seri B3 merupakan produk digital untuk business-to-business (B2B).

Zhao menambahkan harga normal TCL A3 sekitar Rp2,3 juta, sedangkan pada promo ini dimulai dari Rp2,1 juta.

Kemudian, seri TCL E3 normalnya senilai Rp4,2 juta, untuk promo kali ini menjadi Rp4,1 juta. Terakhir, seri B3 yang harganya Rp1,9 juta, selama promo menjadi Rp1,8 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya