Jelang Mudik Lebaran, Smartfren: 1.550 Menara BTS Siap Beroperasi

VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir SP (tengah) saat meninjau 'Cell on Wheel' (COW) di Desa Sidamulya, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, Rabu, 15 Mei 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Jelang mudik Lebaran 2019, operator telekomunikasi Smartfren melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya menyediakan menara BTS dan perangkat pendukung lainnya.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

“Total jumlah BTS dari Merak sampai Surabaya sebanyak 1.550 menara. Itu meng-cover semua jalan tol," kata Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir SP di Cirebon, Jawa Barat, Rabu 15 Mei 2019.

Ia mengatakan, menara BTS akan ditambahkan dengan COW atau Cell on Wheel sebanyak 180 unit yang tersebar di jalur mudik. Salah satunya terletak di Desa Sidamulya, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah.

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Penambahan COW ini sudah dilakukan sejak Januari lalu. Munir mengatakan, 180 BTS sudah selesai pada akhir April kemarin.

Selain itu, juga ada 75 mobile BTS yang disiapkan oleh Smartfren. Perangkat pembantu ini juga akan dibagikan ke seluruh regional di Indonesia.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

“Jadi, mulai dari Sumatera sampai dengan Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi, semuanya tersedia,” jelasnya.

Munir mengaku Smartfren juga menyiapkan task force yang bertugas menanggulangi segala gangguan yang terjadi.

Tim ini akan bekerja 7x24 jam selama dua minggu sebelum dan setelah Lebaran. "Semua sudah dikontrol melalui NOC, Network Operation Center, kita yang ada di Jakarta dan Surabaya selama 24 jam. Ini selama Ramadan sampai dua minggu setelah Lebaran," ungkap Munir.

Ia mengatakan, persiapan ini sudah selesai dikerjakan untuk menyambut program mudik Lebaran. Munir meyakinkan semua pengguna Smartfren supaya tidak perlu khawatir, karena layanannya cukup baik dan lancar.

“Semuanya sudah selesai dan bisa dimanfaatkan, serta dinikmati oleh pelanggan. Mudah-mudahan tidak ada masalah yang signifikan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya