Trafik Google Naik saat Ramadan, Keyword Ini Paling Banyak Dipakai

Konferensi Pers Google Ramadan
Sumber :

VIVA – Google Indonesia mendapati beberapa layanan Google mengalami peningkatan penggunaan dibanding beberapa bulan sebelumnya. Sejumlah layanan itu adalah Google Search, Google Play Store dan YouTube. 

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami dalam persentasinya memaparkan, Google Search mengalami peningkatan penggunaan hingga 40 persen. Sementara download aplikasi di Google Play meningkat 20 persen dan waktu menonton YouTube naik 40 persen. 

"Aktivitas Ramadan dibanding bulan puasa tentu berbeda. Mereka bangun tidur menjadi lebih pagi, terus diselingi nonton YouTube. Sebagai ganti makan siang juga nonton YouTube, saat ngabuburit juga ada yang nonton. Terlihat ada perbedaan signifikan," katanya di Eastern Opulance Restaurant, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Pada layanan Google Search, setidaknya ada 23 ribu lebih keyword yang digunakan, di antaranya kategori makanan, pakaian, elektronik, travel, perawatan, telekomunikasi dan aktivitas ibadah puasa.

Google mengelompokkannya menjadi empat kategori. Pertama, informasi penunjang ibadah, mencakup jadwal puasa dan imsak, arah kiblat dan zakat fitrah 2019. Kategori kedua ialah makanan di bulan Ramadan, seperti menu buka puasa, resep kue Lebaran dan tempat bukber. 

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Kategori selanjutnya ialah kata kunci yang disertai kata terbaik, termurah dan terbaru. Seperti pencarian untuk fesyen dan perawatan, gadget dan perabot rumah tangga. Terakhir adalah konten religius, pencarian yang paling sering dicari ialah doa puasa dan berbuka, ceramah dan lagu serta lirik religius.

Pada kesempatan ini, Google Indonesia juga sekaligus mengumumkan penambahan fitur-fitur baru di beberapa layanannya, untuk menemani ibadah puasa pengguna. Tidak hanya itu, Google juga menyediakan fitur untuk memudahkan pengguna mudik dan merayakan Idul Fitri. (ann)

Program pencarian wirausaha muda Indonesia di bidang fashion

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Program pencarian wirausaha muda Indonesia di bidang fashion ini diharapkan mendorong lahirnya pengusaha mode muda Indonesia berkualitas dunia.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024