'Diceraikan' Google, Huawei Singgung Jasa Besarnya pada Android

Booth Huawei
Sumber :
  • Instagram/@sadavi74

VIVA – Google ‘menceraikan’ perangkat Huawei menggunakan Android dan aplikasi besutan perusahaan raksasa digital tersebut. Langkah Google itu sebagai kepatuhan atas keputusan pemerintah Amerika Serikat yang memasukkan Huawei dalam daftar hitam perusahaan, buntut dari perang dagang Negeri Paman Sam dengan China. 

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Merespons pembatasan pemakaian Android, Huawei menyinggung jasa pentingnya dalam membesarkan sistem operasi buatan Google tersebut. 

Huawei mengatakan, sebagai salah satu mitra global utama Android, mereka telah bekerja sama dengan sangat erat dengan platform open-source Android, untuk mengembangkan ekosistem yang bermanfaat bagi pengguna dan industri. 

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

"Huawei telah memberikan kontribusi yang substansial untuk pengembangan dan pertumbuhan Android di seluruh dunia," ujar pernyataan resmi Huawei dikutip Senin 20 Mei 2019. 

Setelah Google mengeluarkan larangan menggunakan Android, Huawei menegaskan tetap memberi dukungan pada semua produknya, termasuk dukungan keamanan perangkat. 

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

"Huawei akan terus memberikan pembaruan keamanan dan layanan purna jual untuk semua produk smartphone dan tablet Huawei dan Honor yang ada yang mencakup yang telah dijual atau yang masih ada sebagai stok secara global," jelas Huawei. 

Perusahaan China berbasis di Shenzhen ini mengatakan, perusahaan akan mengembangkan software terus menerus yang mengedepankan kenyamanan pengguna. 

"Kami akan terus membangun ekosistem perangkat lunak yang aman dan berkelanjutan, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna secara global," katanya.

Google mengumumkan mencabut akses perangkat pabrikan Huawei dari sejumlah pembaruan sistem operasi Android buatan mereka. Perangkat baru yang diproduksi perusahaan asal China itu juga akan kehilangan akses toko aplikasi Google dan perangkat lunak seperti Gmail. Namun Huawei masih dapat menggunakan sistem operasi Android versi yang tersedia melalui lisensi Android sumber terbuka (Open Resource). (ali)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya