Diputus Google, Dukungan China pada Huawei Bikin Haru

Logo Huawei
Sumber :
  • Instagram/@adelelgohary

VIVA – Dukungan terhadap Huawei mengalir deras dari tempat asalnya, China. Masyarakat di Negeri Tirai Bambu itu menyuarakan akan terus menggunakan perangkat Huawei di masa depan. 

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Dukungan pada Huawei digulirkan melalui media sosial Weibo dan juga Douyin, sebagaimana dilansir dari laman The Verge, Selasa, 21 Mei 2019. Bersama postingan, masyarakat juga menggaungkan tagar dalam aksara China yang berarti 'Huawei tidak perlu bergantung pada microchips Amerika'. 

Selain itu, perbincangan mengenai Huawei sedang membangun sistem operasinya sendiri juga trending di media sosial China. Tagar 'Sistem Operasi Pengembang Sendiri Huawei' menjadi populer di Weibo. 

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Pemutusan hubungan Google terhadap perangkat Huawei juga disebut tidak terlalu berpengaruh di China, di mana hampir seluruh layanan Google tidak berfungsi di negara ini. 

Namun memang tidak dipungkiri langkah Google akan menyulitkan Huawei di luar China. Upaya perusahaan itu memperluas basis pelanggan ke wilayah seperti Eropa dan Amerika Serikat sangat mungkin terhambat. 

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Kabar OS buatan Huawei menyeruak setelah langkah Google memutuskan sejumlah layanan terhadap perangkat dari vendor China itu. Sistem operasi itu bernama HongMeng OS. 

Saat ini kabarnya Hongmeng OS sedang dalam fase uji coba dan akan secara bertahap menggantikan Android pada produk Huawei. 

Huawei juga menegaskan akan terus membangun ekosistem perangkat lunak yang aman dan berkelanjutan. Istilah terakhir kemungkinan jika larangan Android terus dilakukan, Huawei akan memproses launching OS-nya sendiri. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya