Logo WARTAEKONOMI

Nasib 17 Ribu Karyawan yang Pekerjaannya 'Digeser' Kecerdasan Buatan

Yah! 17 Ribu Karyawan Accenture Tergantikan AI. (FOTO: REUTERS/Albert Gea)
Yah! 17 Ribu Karyawan Accenture Tergantikan AI. (FOTO: REUTERS/Albert Gea)
Sumber :
  • wartaekonomi

Raksasa konsultan global, Accenture, percaya bahwa teknologi yang berada di bawah spanduk kecerdasan buatan (AI) akan mengubah hubungan antara manusia dan teknologi, dengan posisi resminya adalah "masa depan AI menjanjikan era baru gangguan dan produktivitas, di mana kecerdikan manusia ditingkatkan dengan kecepatan dan presisi," tegas Accenture.

Dengan kekhawatiran AI untuk menggantikan manusia yang masih merajalela, direktur pelaksana Accenture, pimpinan pengiriman analitik APAC, dan pemimpin pengiriman AI Amit Bansal merinci beberapa inisiatif yang telah dilakukan perusahaannya untuk memastikan kehilangan pekerjaan tidak separah yang dialami banyak orang.

"Kami memiliki 450.000 orang di seluruh dunia yang memberikan - kami adalah organisasi yang sangat intensif - kami menerapkan AI ke dalam bisnis kami karena klien kami menuntutnya," kata Bansal pada acara Next Big Thing ZDNet di Sydney lalu minggu.

Operasi Accenture di India bertanggung jawab untuk, antara lain, sebagian besar pemrosesan kartu kredit dan hipotek.

"Apa yang kami lakukan adalah menerapkan banyak teknologi AI, visi komputer, agen virtual,  dan lain - lain untuk mengotomatiskan proses itu," lanjutnya.

Menurut Bansal, menerapkan AI dalam bentuk otomatisasi untuk tugas-tugas ini telah menghasilkan efek samping yang disambut baik dari staf dengan kemampuan baru.

"Kami memiliki 110.000 orang yang (melakukan tugas itu) - itu berarti 17.000 orang tidak lagi diperlukan karena kami mengotomatiskan apa yang mereka lakukan," jelasnya.