Logo BBC

WeChat dan Alat Mata-mata Pemerintah China

Bagaimana seorang koresponden BBC dikeluarkan dari aplikasi WeChat - BBC
Bagaimana seorang koresponden BBC dikeluarkan dari aplikasi WeChat - BBC
Sumber :
  • bbc

WeChat adalah sebuah situs untuk interaksi sosial, sebuah bentuk mata uang, aplikasi kencan, alat untuk tim olahraga dan pembagi berita.

Aplikasi tersebut layaknya Twitter, Facebook, Google Maps, Tinder dan Apple Pay yang semuanya digabung menjadi satu. Tetapi WeChat juga merupakan senjata pengendali sosial untuk pemerintah China yang semakin kuat.

Saya baru saja dikeluarkan dari WeChat (atau Weixin seperti yang dikenal dalam bahasa China).

Dan untuk masuk kembali, saya harus melewati beberapa langkah Orwellian - langkah-langkah yang merusak kesejahteraan masyarakat yang bebas dan terbuka sehingga membuat orang lain mempertanyakan mengapa saya setuju melakukannya.

Salah satu alasannya adalah akan sangat sulit tinggal di Beijing tanpa WeChat.

Yang lain adalah bahwa saya tidak akan dapat menulis ini tanpa mengalami tahapan yang saat ini jelas-jelas membuat foto saya, dan bahkan suara saya, pada semacam database biometrik para pembuat onar.

Saya berada di Hong Kong untuk meliput acara penyalaan lilin yang menandai 30 tahun sejak Tentara Pembebasan Rakyat diperintahkan untuk menembaki rakyatnya sendiri untuk menyingkirkan pemrotes yang sebagian besar mahasiswa, yang berkumpul di dan sekitar Lapangan Tiananmen selama berbulan-bulan pada Juni 1989.

Momen dalam sejarah ini telah dihapus dari wacana publik di daratan China tetapi di Hong Kong, dengan status khususnya, orang-orang berkumpul setiap tahun untuk mengingat kekerasan berdarah itu.