Mudik dan Libur Lebaran, Pelanggan Tri Ramai-ramai Main ML

PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri merilis trafik terbaru
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Liburan Idul Fitri dan mudik, Tri Indonesia mencatat adanya lonjakan trafik di layanan video streaming yang mencapai 40 persen. Secara umum terjadi lonjakan untuk layanan data. 

Tips Mendapatkan Harga Diamond yang Affordable, Nggak Perlu Habiskan Jutaan Rupiah!

Kenaikan di layanan data yang lebih dari 40 persen dibandingkan hari biasa, terjadi sejak H-10 saat libur Hari Kenaikan Isa Almasih hingga ke momen Idul Fitri. Pelanggan Tri Indonesia beraktivitas video streaming yaitu menggunakan aplikasi YouTube, Instastory, Live Report Instagram dan Facebook. 

Tri Indonesia mengklaim lonjakan tersebut tidak menimbulkan kendala, karena mereka telah mengantisipasi sehingga layanan tetap bisa beroperasi dengan baik. 

Apa Saja Fungsi Diamond ML? Yuk, Simak Selengkapnya di Sini!

"Kami telah memperluas kapasitas dan jangkauan 4G/4,5GPro untuk membantu dan memudahkan pelanggan mengabadikan dan membagikan momen spesial secara real time selama perayaan Idul Fitri dan masa liburan ini, serta kembali ke kota asal dengan selamat,” ujar Chief Technology Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung dalam pernyataannya, Senin 10 Juni 2019. 

Untuk pembelian mobile game juga terjadi peningkatan lebih dari 100 persen. Hal tersebut juga mendorong kenaikan trafik Mobile Legends (ML) hingga 155 persen. Ucapan salam Idul Fitri lewat platform media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp membuat trafik meningkat sekitar 35 persen. 

Juara Persija Esports Championship Qualifier 1 Jakarta

Tri Indonesia mencatat, lonjakan trafik layanan data tertinggi terjadi di sejumlah daerah tujuan mudik dan juga wisata, yaitu Yogyakarta, Purworejo, Brebes, Jombang dan Blora. 

Perusahaan telekomunikasi itu mempersiapkan jelang aktivitas mudik dengan memperluas jaringan internet berteknologi 4G/4,5G hingga ke lebih 10 ribu desa dan kelurahan pada lebih dri 300 kota dan kabupaten. Optimalisasi dilakukan juga pada jalur mudik dan juga kota tujuan mudik, sesuai dengan anjuran yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hal tersebut dilakukan pada jalur kereta api Solo-Yogya-Semarang, rute Jakarta-Surabaya lewat kapal laut dan jalan tol, jalur perjalanan darat Jakarta-Merak-Palembang. Kota tujuan mudik seperti Makassar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan dan Padang juga dioptimalkan jaringannya. 

Tranformasi Core Network System juga dilakukan di 19 kota yang membuat pengaturan trafik data Tri Indonesia tidak terpusat. 

“Dengan diberlakukannya sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet 3, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Sehingga  pelanggan 3 dapat mengakses mobile game, Instagram, Facebook, aplikasi instant messaging dengan lebih cepat,” kata Desmond.

Jaringan Tri diperkuat dengan 65 ribu BTS, yang mana hingga akhir Mei sudah diperluas jangkauannya untuk 364 kota dan kabupaten. Perluasan tersebut termasuk pada kota yang sudah terlayani dan juga membuka kota baru. 

Sejumlah mobile BTS juga disiapkan pada titik-titik kepadatan seperti di rest area dan gerbang tol, untuk mengoptimalkan layanan di jalur tol Merak hingga Sidoarjo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya