Logo WARTAEKONOMI

Bitcoin Mulai Dipakai di Industri Sepakbola

Wow, Bitcoin Mulai Digunakan di Industri Sepak Bola. (FOTO: Unsplash).
Wow, Bitcoin Mulai Digunakan di Industri Sepak Bola. (FOTO: Unsplash).
Sumber :
  • wartaekonomi

Berbagai lembaga otoritas di sejumlah negara boleh saja terus menunjukkan sikap resistance terhadap penggunaan di wilayahnya.

Namun demikian, praktik pemanfaatan mata uang kripto atau cryptocurrency tersebut di masyarakat faktanya terus berkembang dan merambah di berbagai sektor industri. Tak terkecuali di industri sepakbola yang notabene merupakan olahraga yang paling digemari di muka Bumi.

Adalah SL Benfica, raksasa sepakbola asal Portugal yang telah memutuskan untuk menerima pembayaran menggunakan Bitcoin (BTC) dalam setiap transaksinya.

Selain Bitcoin, para penggemar dapat membeli tiket, kaos, dan segala pernak-pernik klub dengan menggunakan token khusus yang diberi nama Ether (ETH) atau UTK. Keputusan bersejarah itu diumumkan Benfica lewat situs resmi klub beberapa waktu lalu.

Guna membantu mewujudkan rencana ini, pihak Benfica telah menggandeng sebuah perusahaan bernama Utrust yang nantinya bertindak sebagai money changer dan bertugas untuk menukar uang kripto hasil pembayaran dari penggemar menjadi uang konvensional secara instan.

Dengan demikian, diharapkan pihak klub dapat memitigasi potensi penurunan harga yang bisa saja terjadi mengingat volatilitas nilai tukar mata uang kripto di pasar spot relatif cukup tinggi.

"Kami didukung oleh banyak pihak untuk dapat mulai menggunakan aset kripto. Dengan basis pendukung hingga tujuh juta suporter di media sosial, kami juga ingin mengakomodasi itu dengan mulai mengadopsi penggunaan mata uang kripto," ujar CEO Benfica, Domingos Oliveira.