Facebook Punya Fitur Donor Darah, Daftarnya Gampang

Facebook.
Sumber :
  • Livemint

VIVA – Raksasa media sosial Facebook mengumumkan akan membawa fitur donor darah ke Amerika Serikat setelah uji coba yang sukses di India, Bangladesh, Brasil dan Pakistan pada 2017 lalu.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Dikutip dari Daily Mail, Jumat, 14 Juni 2019, kini pengguna yang berada di Chicago, New York, Baltimore, San Francisco dan Washington DC yang membutuhkan donor, bisa menggunakan fitur ini untuk mencari pendonor darah.

Agar dapat berpartisipasi, pengguna bisa mengunjungi menu About di profil Facebook, atau aktifkan notifikasi jika ada yang sedang membutuhkan donor. Ketika bank darah membutuhkan, maka pengguna dari daerah yang sama atau terdekat akan menerima pemberitahuan.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Cara mengaktifkannya adalah dengan mengunjungi halaman Blood Donation Facebook, kemudian klik daftar. Dengan adanya fitur tersebut, perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu berharap bisa meningkatkan kesadaran masayarakat tentang pentingnya donor darah di Amerika Serikat.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

"Setiap dua detik ada seseorang yang membutuhkan darah. Satu pendonor berpotensi menyelamatkan tiga nyawa. Namun bank darah menemukan penurunan pendonor darah akhir-akhir ini," kata Facebook dalam postingan blognya.

Facebook melakukan kemitraan dengan berbagai organisasi, di antaranya America Blood Center, Rock River Valley Blood Center, Stanford Blood Center dan Versiti and Vitalant.

"Adanya kemitraan ini akan membuat orang-orang mudah mendapatkan donor karena terhubung dengan pusat darah. Fitur ini akan membantu memenuhi kebutuhan donor darah secara berkelanjutan, dan berbagi pengalaman tentang pentingnya donor darah," kata CEO America Blood Center, Kate Fry.

Adanya fitur ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan 30 ribu liter darah setiap harinya. Di India dan Brasil setidaknya ada 20 persen pendonor yang terbuka kesadarannya untuk memberikan darahnya ke bank darah. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya