Nasib Gigi Hadid, Unggah Fotonya Sendiri Digugat Langgar Hak Cipta

Gigi Hadid
Sumber :
  • instagram.com/itsjeremyscott

VIVA – Model populer, Gigi Hadid, optimis bisa memenangi sengketa hak cipta atas foto dirinya sendiri. Dia yakin punya hak legal untuk mengunggah fotonya sendiri yang diambil paparazzi ke akun Instagram.

Ayah Model Gigi-Bella, Mohamed Hadid Sindir Joe Biden Karena Bela Israel

Optimisme model 24 tahun itu karena dia ikut berkontribusi mengkreasikan foto yang disengketakan. Gigi Hadid berdalih berkontribusi dalam foto hasil jepretan pararazzi, mulai dari posisi pose hingga memilih pakaian. 

Sebelumnya, Hadid digugat atas pelanggaran hak cipta oleh sebuah agensi bernama Xclusive-Lee pada Januari lalu. Dia dinilai melanggar hak cipta dari perusahaan itu. 

Optimalkan Peluang Digital, Siswa di Sorong Diperkenalkan Literasi Hak Cipta bagi Kreator

Namun dalam perlawanan gugatan yang diajukan awal bulan ini, seperti dilansir laman The Verge, Selasa 25 Juni 2019, tim hukum Hadid menilai kliennya tidak melanggar karena Hadid berkontribusi dalam foto yang disengketakan tersebut. 

Dalam dokumen perlawanan gugatannya, pengacara Hadid menegaskan, klien mereka tidak melanggar hak cipta apa pun. Malah, Hadid dinilai sebagai orang kreatif yang mengarahkan fotografi fotonya di jalanan New York City, Amerika Serikat. 

Anwar Hadid Tunaikan Ibadah Umrah, Kembali ke Islam?

Salah satu foto Gigi Hadid yang disengketakan 

Pengacara Hadid menekankan, kontribusi kliennya ada pada pose dan senyumnya. Sedangkan fotografer memiliki hak cipta penuh saat mereka mengambil gambar terutama di wilayah publik. 

Dengan begitu, gugatan dari Xclusive-Lee menantang asumsi yang sudah dipegang sejak lama. Tim pengacara Hadid mengatakan, artis tersebut tidak mendapatkan keuntungan uang apa pun mengenai postingan Instagram tersebut atau yang yang berasal dari agen Xclusive-Lee. Kakak dari Bella Hadid itu hanya memosting ulang dan tidak memiliki keinginan untuk mengeksploitasi foto tersebut secara komersial. 

"Memosting ulang hanya merefleksikan keinginan pribadi yang berbeda dari keinginan fotografer saat mengambil foto, yang adalah mengambil keuntungan secara komersial dari popularitas Hadid," ungkap tim pengacara Hadid. 

Bukan kali ini saja klaim hak cipta terjadi antara paparazzi dan artis Hollywood. Sebelumnya, Khloe Kardashian juga pernah mengatakan dalam postingannya digugat paparazzi karena memosting foto dirinya sendiri, sama seperti kasus yang menimpa Hadid saat ini. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya