Logo WARTAEKONOMI

Ritel Raksasa Pakai Blockchain untuk Amankan Sembako

Walmart China Gunakan Blockchain untuk .... (FOTO: Reuters).
Walmart China Gunakan Blockchain untuk .... (FOTO: Reuters).
Sumber :
  • wartaekonomi

Walmart China menggandeng PWC dan VeChainThor Blockchain untuk membuat platform penelusuran jejak Walmart China Blockchain.

Saat ini sekitar 23 lini produk telah menggunakan platform tersebut dan rencananya akan ada 100 lini produk yang menggunakan platform Blockchain hingga akhir 2019.

Pada akhir tahun depan, Walmart China ingin 50 persen dari produk daging segar kemasan mereka dan 50 persen dari produk sayuran kemasan, serta 12,5 persen dari produk makanan laut mereka dapat dilacak melalui platform tersebut.

"Dengan memindai produk, pelanggan dapat memeroleh informasi terperinci, termasuk sumber produk yang dipindai, lokasi geografis, proses logistik, laporan inspeksi produk, dan banyak lagi titik data," kata perwakilan VeChainTor Blockchain belum lama ini.

Perusahaan juga mengklaim platform mereka antirusak. Platform tersebut diklaim bisa meningkatkan transparansi informasi produk, memastikan keaslian data produk, dan pada akhirnya meningkatkan kepercayaan konsumen Walmart.

"Ke depan, platform pelacakan Walmart China akan mengadopsi kerja sama multilateral, menyinkronkan data dari platform keterlacakan pemerintah lokal dan platform pemasok, sehingga Walmart dapat memberikan produk yang aman dan berkualitas tinggi kepada pelanggan," tutur dia.

Isu keamanan pangan di China terus menyeruak sejak ada korban berupa enam anak meninggal dunia akibat dari penambahan melamin ke susu formula bayi pada 2008.