NASA Gelar Sayembara Nama Rover Mars

Planet Mars.
  • www.pixabay.com/Aynur_zakirov

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA baru saja meluncurkan kontes untuk penamaan kendaraan bermotor otomatis atau Rover Mars yang akan berangkat tahun depan. Rover ini akan didaratkan di planet merah itu untuk menemukan jejak kehidupan alien.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Dilansir dari situs Metro, Kamis, 27 Juni 2019, NASA telah bermitra dengan Battelle Education di Columbus, Ohio dan Future Engineers, Burbank, California untuk penamaan rover. Selain mengandalkan para mahasiswa, mereka juga meminta bantuan masyarakat untuk memutuskan nama yang tepat.

Program Eksekutif Mars 2020 NASA Planetary Science Division di Washington, George Tahu, mengatakan gembira dengan kerja sama ini. Kontes ini berpotensi mengundang para mahasiswa dan pengajar muda untuk memahami kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi dan memajukan teknologi.

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Hingga kini sudah lebih dari 100 ribu suara memilih nama McBoatFace. Selain itu, nama Rover McRoverFace masih berada di peringkat teratas dan bersaing dengan nama McMarsFace. Selain dua nama tadi juga ada yang mengusulkan nama Martian McMartianFace.

Tahun lalu, NASA berkelakar ingin mengirim rover ke dasar danau kering, Jezero Crater, di Mars untuk mencari jejak makhluk asing. Misi Mars 2020 adalah untuk mencari tanda-tanda kehidupan dan kehidupan mikroba kuno.

Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

NASA juga berharap untuk menjalin kerja sama dengan Badan Antariksa Eropa dalam rangka mengembalikan sampel ke Bumi. Sebab, Jezero Crater merupakan daerah yang unik, di mana sampel dari sana akan merevolusi cara berpikir manusia tentang Mars.

Danau ini letaknya di barat Isidis Planitia, merupakan lembah raksasa di utara ekuator Mars. Lembah ini adalah hasil bentukan dari asteroid pada 3,9 miliar tahun silam. Lekukannya diketahui memiliki lebar hingga 28 mil yang diyakini pernah menjadi sungai sebelum airnya mengering seperti sekarang.

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya