Kepala BATAN Baru Siap Wujudkan Iptek Nuklir

Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Mohammad Nasir resmi melantik Anhar Riza Antariksawan menjadi Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional atau BATAN. Menurut Nasir masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh orang nomor satu di lembaga nuklir Indonesia tersebut.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Pertama, kata dia, adalah kepala BATAN yang baru juga memiliki tugas untuk memajukan teknologi di Indonesia berbasis nuklir. Beberapa di antaranya mengenai pemanfaatan nuklir serta membuatnya untuk kesejahteraan.

"Intinya inovasi. Tanpa itu tidak mungkin memberikan kesejahteraan," kata Nasir di kantor BATAN, Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019. Ia juga mengingatkan supaya Anhar memikirkan cara agar BATAN bisa berkontribusi lebih melalui riset, khususnya bidang pangan, kesehatan dan energi.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Untuk bidang energi, Nasir mencontohkan agar BATAN mengembangkan riset mengenai nuclear power plant. "Tidak cukup mengandalkan fosil tapi mengembangkan riset energi lainnya seperti nuklir," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Anhar mengaku siap menindaklanjuti permintaan dari Menristekdikti tersebut. Ia membahasakannya sebagai mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) nuklir untuk kemajuan bangsa.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

"Saya siap mengembangkan industri yang berbasis pada iptek nuklir. Itu yang akan kita kerjakan. Itu pula pesan dari pak menteri," jelas Anhar. Ia resmi menggantikan Djarot Sulistio Wisnubroto yang meninggalkan kursi kepala BATAN pada Desember 2018.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menggunakan senjata nuklir dalam program energi atomnya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024