Jutaan Orang Tertipu Software Cleaner Palsu, Pelakunya Minta Uang

Ilustrasi virus komputer.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat kinerja gadget lambat alias lemot, umumnya pengguna akan berusaha memecahkan masalah dengan mengoperasikan sistem pembersih (cleaner). Akan tetapi, perlu dicatat bahwa solusi ini perlu sikap kehati-hatian. 

Kenali dan Waspadai Kejahatan Digital yang Sering Terjadi

Pasalnya, para ahli keamanan siber dari Kaspersky, telah mendeteksi software pembersih komputer bisa jadi sarana modus penipuan. Dijelaskan dalam keterangan pers, Kaspersky, Selasa, 2 Juli 2019, pihaknya menemukan peningkatan dua kali lipat terhadap jumlah pengguna yang mengalami serangan melalui sistem pembersih palsu. 

Program penipuan dirancang untuk mengelabui pengguna agar membayar sejumlah uang yang diduga sebagai biaya perbaikan komputer yang serius.

Desain Lenovo ThinkStation P8 Terinspirasi Aston Martin

Jumlah pengguna yang terkena serangan mencapai 1.456.219 pada paruh pertama 2019, dibandingkan periode yang sama pada 2018, yaitu hanya sejumlah 747.322. Selama waktu ini, beberapa serangan menjadi lebih canggih dan berbahaya.

Komputer yang lambat atau berkinerja buruk adalah keluhan umum di antara para pengguna komputer personal (PC). Tersedia banyak alat atau aplikasi yang sah untuk memecahkan masalah tersebut. 

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

Namun, di antara semua yang asli, terdapat pula solusi palsu yang dikembangkan oleh para pelaku penipuan untuk meyakinkan pengguna bahwa komputer mereka dalam bahaya kritis. Misalnya seperti kelebihan memori, dan harus segera dibersihkan. Pelaku kemudian menawarkan layanan seperti pembersihan sebagai imbalan untuk pembayaran.

Perbedaan Malware dan Ransomware.

Kaspersky mendefinisikan dan mendeteksi program tersebut sebagai ‘hoax system cleaners’. Setelah menerima izin dan pembayaran dari pengguna, pelaku penipuan memasang sebuah program palsu yang mengklaim untuk membersihkan PC. Tetapi yang kerap terjadi adalah program tersebut justru tidak berbuat apa pun hingga menginstal adware. Layaknya badai yang mengganggu dan bersifat tidak penting, hingga terpaan iklan yang tidak diminta pada komputer.

Mirisnya ini semakin meningkat, para pelaku kejahatan siber akhirnya banyak menggunakan pemasangan pembersih palsu untuk mengunduh atau menyamarkan malware seperti trojan atau ransomware.

Negara-negara yang paling terkena dampak serangan dengan pembersih palsu pada paruh pertama 2019 menunjukkan seberapa luas ancaman tersebut. Memimpin daftar adalah Jepang dengan 12 persen pengguna yang terkena dampak, diikuti oleh Jerman (10 persen), Belarus (10 persen), Italia (10 persen) dan Brasil (9 persen).

Ilustrasi malware.

“Kami telah menyaksikan bagaimana fenomena 'hoax cleaners' ini telah berkembang selama beberapa tahun terakhir, dan ini merupakan ancaman yang aneh. Di satu sisi, banyak sampel yang kami lihat menyebar lebih luas dan menjadi lebih mengancam, berkembang dari skema 'penipuan' sederhana menjadi malware yang berfungsi sepenuhnya dan berbahaya," kata Artemiy Ovchinnikov, peneliti keamanan di Kaspersky dikutip dari keterangan pers. 

"Di sisi lain, mereka begitu luas dan tampaknya tidak merugikan, sehingga jauh lebih mudah bagi mereka untuk menipu pengguna agar membayar layanan, daripada menakuti mereka dengan screen blocker ataupun malware yang tidak diinginkan lainnya. Namun, kedua metode ini terbukti menunjukkan hasil yang sama yaitu para pengguna kehilangan uang mereka,” tambahnya.

Kaspersky mendeteksi sistem pembersih palsu sebagai sebagai berikut:
•Hoax.Win32.PCFixer. *
•Hoax.Win32.PCRepair. *
•Hoax.Win32.DeceptPCClean. *
•Hoax.Win32.Optimizer. *
•Hoax.MSIL.Optimizer. *

Untuk menghindari menjadi korban sistem pembersih palsu, peneliti Kaspersky menyarankan pengguna untuk:
- Selalu memerisa layanan PC yang akan Anda adopsi adalah sah dan mudah dimengerti. Jika kedengarannya membingungkan, gunakan mesin pencari untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai layanan tersebut untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci.
- Gunakan solusi keamanan yang dapat diandalkan untuk perlindungan komprehensif dengan fungsi pembersihan bagi PC dari berbagai ancaman, seperti Kaspersky Security Cloud. 
- Jika Anda berniat mencari pembersih PC, gunakan sumber informasi yang dapat diandalkan dan mendapatkan rekomendasi dari para TI, dengan sejumlah reputasi meyakinkan dan ulasan perangkat lunak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya