Smartphone Dicas Malah Temukan 110 Molekul Antikanker, Kok Bisa?

Ilustrasi ponsel kehabisan baterai.
Ilustrasi ponsel kehabisan baterai.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Smartphone tak selamanya punya sisi buruk bagi kesehatan. Malahan sebaliknya, keberadaan smartphone bisa dipakai untuk melawan dan menemukan obat antikanker. Hal tersebut bukan gagasan saja, sudah diuji dan dipraktikkan dalam penelitian Imperial College London bekerja sama dengan Vodafone Foundation. 

Kedua lembaga itu menggarap proyek melawan kanker melalui analisis data di smartphone pengguna saat istirahat tidur malam.

Dikutip dari Imperial, Rabu, 3 Juli 2019, dalam menjalankan penelitian ini, tim peneliti melibatkan banyak pengguna smartphone

Responden diminta untuk mengunduh aplikasi analitik data DreamLab, besutan Vodafone Foundation. Saat pengguna tidur malam dan mengecas smartphone, aplikasi DreamLab tersebut bekerja dengan memanfaatkan kekuatan smartphone.   

Dengan meminjam daya smartphone tersebut, aplikasi ini menganalisis sejumlah data besar dari smartphone dari banyak pengguna yang tidak dipakai saat tidur malam. 

Secara teknis, saat pengguna tidur aplikasi DreamLab akan mengunduh paket data sekitar 5 MB dan menggunakan prosesor ponsel untuk menjalankan jutaan kalkulasi. Setelahnya aplikasi akan mengunggah hasil dan membersihkan data analisis tersebut. 

Soal kekuatan smartphone, peneliti beralasan, smartphone berisi sejumlah besar data komputasi yang bisa menjalankan email, streaming musik. Namun saat pengguna tidur malam, kekuatan dari smartphone itu menganggur, Makanya, daripada kekuatan smartphone itu ikut 'tidur' kenapa tidak dimanfaatkan untuk menganalisis data.