Gara-gara Tag Instagram, Kim Kardashian Menang Rp39,5 MIliar

Kim Kardashian.
Sumber :
  • Instagram.com/kimkardashian

VIVA – Salah satu artis internasional, Kim Kardashian West berhasil memenangkan gugatan total sebesar US$2,8 juta atau Rp39,5 miliar. Ia menang atas perusahaan fast fashion atau pakaian murah yang diproduksi cepat oleh pengecer demi menanggapi tren baru, Missguided. Gugatan yang dilayangkan didasarkan pada penggunaan namanya dan tiruan-tiruan gaunnya.

"Missguided telah berulang kali menggunakan nama dan rupa Kardashian tanpa izin di platform media sosialnya, untuk promosi penjualan pakaiannya," kata hakim dalam putusannya, dikutip dari situs Montreal Gazette, Kamis 4 Juli 2019.

Menurut sebuah laporan, pengadilan berhasil membuktikan situs web itu meniru fesyen yang dikenakan saudara dari Kylie Jenner ini. Situs juga turut menampilkan foto Kardashian, menunjukkan seolah-olah artis itu terkait dan bekerja sama dengan merek Missguided.

Aura Kasih Mendadak Umumkan Rehat dari Medsos, Warganet Bertanya-tanya

Ibu empat anak ini memenangkan kasus setelah perwakilan Missguided Amerika Serikat gagal memberi tanggapan. Sehingga Kardashian secara otomatis meraup keuntungan fantastis. Akibat kasus ini, perusahaan tersebut diblokir dari merek dagang Brunette.

Pada gugatan awal, pengacara Kardashian, Michael Kump mengatakan, kliennya mempermasalahkan perusahaan mode tersebut karena memosting foto Kardashian di Instagram dan memberi tag padanya dalam unggahan tersebut.

"Missguided dengan sengaja memasukkan nama Instagram Kardashian @kimkardashian di dalam postingan. Mereka memanfaatkan statusnya sebagai selebriti dan media sosialnya dalam promosi produk perusahaan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Sementara dari laman The Verge mengatakan, hakim meminta perusahaan tersebut untuk berhenti menggunakan merek dagang Kardashian dalam penjualan, pemasaran atau distribusi produk-produknya. Missguided pernah menggunakan fitur belanja di Instagram, yang mana pengguna yang mengklik gambar Kardashian di unggahannya akan diarahkan ke situs penjualan.

"Penggunaan tagging yang digunakan Missguided kemungkinan besar menyebabkan konsumen keliru, meyakini penggugat mensponsori atau mendukung perusahaan. Dan pada kenyataannya konsumen juga telah mengungkapkan kebingungannya itu," kata hakim.

Lolly Datangi Rumah Nikita Mirzani, Berharap Bisa Bertemu Meski 10 Menit
Selebram Meli Joker.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Selebgram bernama Meli Joker mendadak menjadi sorotan publik setelah kabar meninggalnya menggemparkan banyak orang. Dilaporkan bahwa Meli Joker mengakhiri hidupnya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024