Mengenang Sutopo, Punya Cara 'Nyeleneh' Sebarkan Info Bencana

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (semasa hidup) bersama Presiden Joko Widodo.
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (semasa hidup) bersama Presiden Joko Widodo.
Sumber :

VIVA – Duka mendalam dirasakan segenap masyarakat Indonesia, saat mendengar kabar meninggalnya Sutopo Purwo Nugroho, atau yang akrab disapa Sutopo, Minggu, 7 Juli 2019.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini mengembuskan napas terakhirnya di Guangzhou, China, dalam pengobatan kanker paru-paru yang ia derita selama bertahun-tahun. 

Sejumlah tokoh negara, lembaga, dan masyarakat mengungkapkan bela sungkawa melepas kepergian Sutopo. Pada Minggu itu, tagar #ripsutopo menjadi trending di Twitter. 

Tak terkecuali Presiden Jokowi dan beberapa menteri memosting ucapan melepas kepergian Sutopo untuk selama-lamanya. Jokowi bahkan mengakui Sutopo adalah orang yang menjalankan tugas pengabdiannya dengan baik, yaitu mengabarkan bencana secara cepat demi masyarakat waspada.

"Almarhum Pak Sutopo Purwo Nugroho adalah seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak. Sampai menjelang akhir hayatnya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ia mengabarkan dengan cepat kejadian bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri agar kita waspada dan tidak kebingungan," keterangan di akun Instagram Jokowi. 

Begitu pula dengan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti yang ucapan dukanya disampaikan melalui akun Twitter.