5 Fitur Tersembunyi YouTube, Berguna Banget di Tempat Sepi

YouTube siapkan jumpa fans online berbayar.
Sumber :
  • Instagram.com/@toysunlimitedofficial

VIVA – Beragam konten tersedia di YouTube. Orang-orang memanfaatkan platform berbagi video ini untuk mendapatkan informasi hingga mencari hiburan.

Ulang Tahun, Nikita Mirzani Traktir Makan dan Bagi THR ke Ojol

Kebanyakan mereka mengakses YouTube dengan cara yang umum: masuk ke aplikasi, pilih video, kemudian tekan tombol Play dan seketika video langsung tayang. 

Sesederhana itu? Ya, kalau kita hanya sekadar ingin menonton. Tapi sebenarnya YouTube memiliki banyak fitur yang menyajikan pengalaman lebih bagi pengguna dalam menikmati konten. Mulai dari mengaktifkan subtitle hingga mode gelap. 

Waktu yang Pas Berhubungan Seks di Bulan Ramadhan dan Aturan Mandi Junub Agar Puasa Tetap Sah

Nah, mari kita bahas satu per satu. 

1. Putar ulang video pada waktu tertentu
Misalnya, kamu sedang menonton video di YouTube kemudian menemukan bagian yang lucu di menit tertentu. Lalu kamu ingin memberi tahu teman-teman tepat di bagian video yang lucu tersebut. 

Teuku Ryan Tak Bisa Janjikan Tak Poligami, Serahkan Semua Kepada Allah

Kita tak perlu bilang supaya mereka maju cepat di menit ke-5 detik ke-20 misalnya, cukup pakai trik ini: tambahkan &t=5m20s tepat di ujung URL video. Contoh: https://www.youtube.com/watch?v=0f0VDQgTDxM&t=5m20s Ubah angka menjadi waktu yang ingin kamu tuju, dan video YouTube akan langsung dimainkan di menit yang kamu inginkan. 

2. Pintasan keyboard
Gunakan tombol panah ke kanan dan ke kiri pada keyboard untuk maju atau mundur 10 detik. Bisa juga menggunakan huruf J atau K. Jika memutar video di ponsel, fungsi ini bisa digantikan dengan mengetuk layar dua kali dengan cepat. 

3. Aktifkan subtitle saat berada di tempat tenang
Misalnya kita berada di perpustakaan atau di tempat kerja dan tidak membawa headphone, tentu akan sulit memahami pesan yang disampaikan dalam tayangan YouTube. Pada situasi ini, mengaktifkan subtitle bisa sangat membantu. 

Caranya, klik ikon CC. Jika konten tersedia dalam bahasa yang berbeda, kita dapat menggunakan terjemahan Google. Ketuk ikon pengaturan yang terlihat seperti roda gigi, pilih teks - terjemahan otomatis dan pilih bahasa yang diinginkan.

Platform media sosial Youtube

4. Gunakan mode gelap
Mode layar gelap lebih ramah di mata. Caranya mudah: masuk ke Setting, pilih opsi General yang paling atas, geser tombol aktifkan.

5. Mode pembatasan (restricted mode)
Jika mengaktifkan mode ini, kamu YouTube akan mencegah kamu dari melihat konten-konten sensitif, misalnya tayangan usia dewasa. Masuk ke Setting, pilih General, tombol Restricted Mode ada di bagian bawah. Geser sakelar untuk membatasi konten. 

Orangtua yang anaknya sering memainkan YouTube mereka, harus paham fitur ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya