Logo WARTAEKONOMI

Integrasi Data di Mata Korporasi, Penting atau Sekadar Ada?

Seberapa Penting Integrasi Data untuk Korporasi?. (FOTO: Tibco).
Seberapa Penting Integrasi Data untuk Korporasi?. (FOTO: Tibco).
Sumber :
  • wartaekonomi

Seberapa penting kesatuan data bagi korporasi di Indonesia? Jawabannya, sangat penting. Mengapa demikian? Country Manager TIBCO, Seno Soemadji, mengatakan korporasi besar membutuhkan kesatuan atau integrasi data karena hal itu berkaitan dengan kebenaran data tersebut.

TIBCO merupakan perusahaan perangkat lunak asal Amerika Serikat yang berfokus pada analitik data.

"Integritas data itu penting sekali. Kalau bicara integrasi data, kita bicara integritas dari data. Dari kacamata korporasi, kita ingin punya satu kesatuan data," jelas Seno saat ditemui oleh Warta Ekonomi di Pameran Teknologi IISMEX 2019, Rabu (17/7/2019).

Menurutnya, jika sudah disinkronisasi menjadi satu, data tak bisa dipalsukan lagi. Contohnya, seperti integrasi data penduduk lewat Sofi Number di Belanda dan Social Security Number di Amerika Serikat. Ia sendiri pernah merasakan pengalaman itu ketika tinggal di negeri kincir angin itu.

"Dengan data (hasil sinkronisasi) itu, tidak perlu register lagi di mana pun. Gaji, jumlah uang di rekening, dan di bank mana saja itu terdata. Enggak bisa membuat data palsu,” kata dia.

Selain itu, keamanan data pun bisa terbantu dengan adanya integrasi data. Itu juga berkaitan dengan efisiensi dalam jumlah yang besar.

"Membangun kesatuan (data) itu luar biasa. Tapi, when we reach that point, the benefit will come back to us. Itu saya yakin sekali. Jadi, menurut saya, any effort menuju ke sana itu sangat baik," imbuh Seno.