Logo DW

Kebakaran Lahan dan Hutan di Musim Kemarau, Pendaki Harus Siaga

Reuters/Antara Foto/S. Yulinnas
Reuters/Antara Foto/S. Yulinnas
Sumber :
  • dw

Di Pekanbaru, api membakar 15 hektar lahan gambut di pinggiran ibukota provinsi Riau. Api dilaporkan telah menyala sejak Jumat (18/07).

"Api mulai menyala pada hari Jumat. Saat ini, tim kami bersama personel TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sedang berusaha memadamkan api," ujar Edwin Putra, Kepala Brigade Kontrol Kebakaran Hutan (Manggala Agni) Pekanbaru, pada Minggu (21/07).

Butuh waktu lama untuk memadamkan api karena struktur lahan yang sebagian besar terdiri dari semak dan lahan gambut, kata Edwin.

Dalam beberapa minggu terakhir, suhu di Pekanbaru dilaporkan memang lebih panas dari rata-rata dengan curah hujan minimum. Akibatnya, api bisa dengan mudah membakar lahan gambut.

Guna mencegah penyebaran api, satuan tugas pengendalian kebakaran lahan gabungan telah mencoba memadamkan api dengan melokalisasinya.

BPBD Provinsi Riau mengatakan puluhan titik api juga terlihat di provinsi ini selama dua minggu terakhir, seperti di daerah Rupat, Bengkalis, Rokan Hilir, Meranti, Siak dan Pelalawan.

Siaga kebakaran bagi pendaki