Viral Tolak #Gaji8Juta, Bos Muda Alumni UI Bilang Sah-sah Saja, Tapi..

Kampus Universitas Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Beberapa hari lalu, media sosial Twitter diramaikan oleh tagar #gaji8juta. Tagar tersebut banyak menjadi trending setelah sebuah screenshot Insta Story seorang yang mengaku sarjana baru lulus (fresh graduate) dari Universitas Indonesia (UI) berkomentar terhadap sebuah perusahaan lokal yang menawarinya gaji Rp8 juta dalam sebuah wawancara pekerjaan.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

"Helloo meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI pak!! Universitas Indonesia. Level UI mah udah perusahaan LN , kalo lokal mah oke aja asal harga cucok," tulis akun yang mengaku fresh graduate UI itu.

Viral lulusan UI tolak gaji Rp8 juta

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Menanggapi postingan tersebut, pengusaha muda yang juga alumni UI, Fithor Muhammad (26) angkat bicara. Dalam keterangan tertulis, Minggu, 28 Juli 2019, menurutnya sah-sah saja seseorang menghargai dirinya dengan meminta gaji yang besar selama yang bersangkutan membuktikan bahwa dirinya memang pantas menerima gaji besar.

"Sah-sah saja seseorang menghargai dirinya dengan gaji yang besar, masalahnya yang bersangkutan capable atau nggak? Dan untuk mengetahui seseorang capable atau competent di bidangnya ini kan ada tolak ukurnya," kata President Board of Directors di Harmony Land Development ini.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Fithor Muhammad

Fithor juga mengatakan di perusahaan yang dipimpinnya, yakni Harmony Land, menerima ratusan aplikasi lamaran kerja setiap minggunya namun sayangnya banyak yang dengan terpaksa ditolak, termasuk dari UI. Alasannya, karena banyak pelamar yang belum bisa memenuhi kriteria yang dibutuhkan perusahaan untuk posisi yang dibutuhkan.

“Silakan saja kalau mau daftar di Harmony Land, saya bisa kasih gaji Rp20 atau 30 juta, asalkan memang kapasitasnya mumpuni dengan gaji tersebut. Walaupun saya pesimis yang bersangkutan mampu memenuhi kriteria yang dibutuhkan,“ tantang Fithor Muhammad sebagai sama-sama Alumni UI.

Lebih dari itu, menurut Fithor, attitude juga sangat penting. Sikap narsistik dan cenderung arogan akan membuat seseorang sulit bekerja sama dalam sebuah tim yang solid, padahal kerja sama tim ini adalah salah satu faktor kunci sukses sebuah project.

"Jadi attitude ini juga menjadi pertimbangan penting karena Anda akan berada dalam sebuah tim besar yang memerlukan sikap humble dan cooperate agar bisa bertumbuh kembang bersama," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya