Kimi Hime dan Kominfo Hasilkan Dua Kesepakatan

YouTuber gim, Kimi Hime.
Sumber :
  • Instagram/@kimi.hime

VIVA – Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, mengaku telah menyetujui dua kesepakatan dengan tim kuasa hukum YouTuberKimi Hime.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Pertama, mengenai permintaan kuasa hukum YouTuber itu untuk pengertian kesusilaan dalam aturan. Kedua, konten yang diperbolehkan dan dilarang tayang di dunia maya.

"Kami juga disarankan membuat pedoman regulasi atau peraturan menkominfo terkait menerjemahkan frasa dalam UU ITE melanggar kesusilaan seperti apa. Kami sepakat soal itu," kata Ferdinandus di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin, 29 Juli 2019.

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Ia juga mengaku sedang merevisi aturan Permenkominfo Nomor 19 Tahun 2014. Aturan itu berisi mengenai penanganan situs internet bermuatan negatif salah satu yang diatur aturan konten yang boleh dan tidak boleh diunggah di internet.

Sementara itu, tim kuasa hukum Kimi Hime mengakui kliennya melakukan pembatasan terhadap video di akunnya. Hal ini dilakukan sejak permasalahan konten perempuan bernama asli Kimberly Khoe itu dianggap melanggar aturan.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

"Sekarang dibatasi sementara. Adanya opini di media seolah-olah justifikasi bahwa Kimi Hime melanggar Undang-undang Kesusilaan. (Konten) Kimi kami batasi sehingga tidak ada polemik berikutnya," kata salah satu kuasa hukumnya, Irfan Akhyari.

Ia menambahkan jika pembatasan dilakukan sebelum bertemu Kominfo. "Videonya kami sembunyikan bukan dihapus. Jadi tidak muncul," klaim Irfan. (ase)

Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024